HomeInfo SehatKankerBenarkah Bunga Kenanga Hijau Bisa Sembuhkan Kanker Payudara?
Kanker

Benarkah Bunga Kenanga Hijau Bisa Sembuhkan Kanker Payudara?

dr. Rio Aditya, 08 Agu 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Rumor yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa bunga kenanga hijau bisa menyembuhkan kanker payudara. Inilah penjelasannya.

Benarkah Bunga Kenanga Hijau Bisa Sembuhkan Kanker Payudara?

Akhir-akhir ini banyak berita yang mengatakan bahwa bunga kenanga hijau bisa sembuhkan kanker payudara. Informasi tersebut sebenarnya belum dapat dipastikan apakah benar atau tidak.

Bunga kenanga hijau (Cananga odorata) adalah jenis bunga yang banyak tumbuh di daerah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia dan Filipina. Tumbuhan ini sudah lama digunakan sebagai bahan untuk aromaterapi dan dipercaya dapat mengurangi kecemasan, stres, depresi, serta tekanan darah tinggi.

Tidak hanya sebagai aromaterapi, bunga kenanga hijau juga dapat diproses menjadi minyak pijat.

Menurut penelitian dari jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2015, khasiat dari bunga kenanga hijau yang sudah dapat dibuktikan secara ilmiah adalah efek antimikrobial, antioksidan, insektisidal (antiserangga), antimelanogenesis, efek menenangkan dan relaksasi serta antidiabetik.

Bahan aktif yang memberikan efek-efek tersebut antara lain adalah monoterpene, sesquiterpene dan fenilpropanoid. Bahan-bahan ini diambil dari ekstraksi bunga kenanga hijau. Selain itu, tanaman ini juga banyak digunakan sebagai bahan untuk krim pengusir serangga.

 

Bunga Kenanga Memberikan Efek Relaks

Berkaitan dengan kanker payudara, sejauh ini belum ditemukan penelitian atau studi ilmiah yang menunjukkan bahwa bunga kenanga hijau dapat menyembuhkan kanker payudara.

Menurut studi yang dipublikasi pada Health Sciences Journal tahun 2014 terhadap penderita kanker payudara, didapatkan bahwa aromaterapi yang menggunakan bunga kenanga hijau sebagai bahan dasar dapat memberikan efek relaks dan mengurangi kecemasan.

Pada penelitian tersebut, responden yang diteliti adalah responden penderita kanker yang sedang menerima kemoterapi.

Menurut studi ini, responden yang memiliki tingkat kecemasan dan stres yang lebih rendah menunjukkan hasil pengobatan kemoterapi yang lebih baik, dibandingkan dengan responden yang memiliki kecemasan atau stres yang tinggi.

Jadi dapat kita simpulkan, bahwa bunga kenanga hijau belum terbukti sebagai obat untuk mengobati kanker payudara. Namun, perasaan relaks dan tenanglah yang membuat kondisi pasien membaik. Masih dibutuhkan penelitian-penelitian serta studi ilmiah untuk dapat membuktikan tanaman ini sebagai obat bagi kanker payudara.

[NP/RVS]

Bunga Kenanga HijauKankerKanker Payudara

Konsultasi Dokter Terkait