Sukses

6 Manfaat Madu bagi Kesehatan Pencernaan Anda

Madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan pencernaan Anda. Apa saja manfaat madu yang bisa Anda peroleh?

Klikdokter.com, Jakarta Manfaat madu bagi kesehatan telah diketahui sejak ribuan tahun lalu. Masyarakat kuno di Mesir, Asiria, Cina, Yunani, dan Romawi telah menggunakan madu dalam berbagai ritual pengobatan. Beberapa pemanfaatan madu antara lain untuk mengobati luka dan menangani masalah kesehatan pencernaan.

Kini manfaat madu bagi kesehatan, terutama pencernaan, telah dibuktikan melalui berbagai penelitian seperti dijabarkan di bawah ini.

1. Antibakteri

Madu memiliki sifat antibakteri alami terhadap beberapa kuman yang menyebabkan infeksi saluran pencernaan. Beberapa kuman tersebut antara lain kuman penyebab sakit mag, ulkus lambung, diare, disentri (diare berdarah), demam tifoid, radang usus, dan kolera. Selain itu, mengonsumsi madu juga dapat membantu meredakan proses peradangan akibat infeksi saluran pencernaan.

2. Makanan bakteri baik

Madu mengandung prebiotik yang merupakan makanan dari probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik di dalam usus besar yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut penelitian, madu dapat meningkatkan pertumbuhan dan aktivitas dari Bifidobacteria, salah satu probiotik yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

3. Membantu mengatasi diare

Mengonsumsi air yang dicampur madu dapat membantu mengatasi dehidrasi dan kehilangan kalium akibat dehidrasi. Selain itu, meminum air yang dicampur madu juga dapat membantu mempercepat penyembuhan mukosa usus yang rusak akibat bakteri dan virus penyebab diare.

4. Membantu pencernaan

Madu juga mengandung beberapa enzim pencernaan yang dapat membantu tubuh mencerna karbohidrat dari makanan.

5. Pencahar ringan

Mengonsumsi madu dalam jumlah yang lebih banyak dapat menghasilkan efek pencahar yang ringan. Hal ini dapat berguna bagi Anda yang kerap kali mengalami masalah sembelit.

6. Kaya nutrisi

Madu adalah produk alami yang mengandung kurang lebih 200 zat gizi yang dapat menjaga kesehatan tubuh, seperti asam amino, vitamin, mineral, enzim, dan antioksidan. Meski demikian, komposisi madu dapat berbeda-beda, tergantung pada jenis tanaman yang dikonsumsi oleh lebah.

Nah, ternyata manfaat madu bagi kesehatan pencernaan cukup banyak, bukan? Namun karena madu juga mengandung gula, Anda tidak boleh mengonsumsi madu secara berlebihan.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar