Sukses

Mengatasi Serumen Prop, Penyebab Rasa Mengganjal di Telinga

Apa itu serumen prop yang mengganggu telinga? Dan bagaimana mengatasinya?

Klikdokter.com, Jakarta Serumen prop terjadi ketika telinga tersumbat oleh kotoran telinga yang telah menggumpal keras. Hal ini dapat diakibatkan karena cara membersihkan telinga yang salah. Misalnya, membersihkan telinga menggunakan cotton bud.

Kebiasaan tersebut malah dapat mendorong kotoran masuk ke dalam telinga. Akibatnya kotoran lebih sulit dibersihkan dan menumpuk. Semakin lama kotoran akan mengeras dan inilah yang disebut serumen prop.

Berikut adalah tiga cara untuk mengatasi serumen prop:

  1. Cairan khusus

    Hindari penggunaan cotton bud atau benda lainnya untuk membersihkan telinga.

    Anda dapat mengaplikasikan cairan khusus yang berfungsi melunakkan kotoran telinga. Biasanya cairan ini mengandung natrium karbonat, gliserin, dan lain-lain.

    Gunakanlah 2–3 kali sehari selama 4–5 hari. Serumen yang melunak akan keluar dengan sendirinya dari telinga.

  2. Spooling

    Spooling atau irigasi telinga adalah tindakan menyemprotkan air hangat ke dalam liang telinga. Sebaiknya dilakukan di dokter THT karena hanya kondisi tertentu yang boleh menerapkan tindakan ini.

  3. Penyedotan

    Serumen prop dapat dikeluarkan melalui penyedotan dengan alat suction. Alat dan prosedur ini dapat dilakukan di rumah sakit oleh dokter THT Anda.

Tindakan yang dilakukan untuk mengatasi serumen prop bergantung dari seberapa dalam, banyak, dan keras kotoran telinga yang menutup.

Jika mengalami gangguan pendengaran atau sensasi mengganjal pada telinga yang diakibatkan serumen prop, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter THT.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar