Sukses

Overdosis Olahraga Bisa Sebabkan Varises?

Overdosis olahraga kerap dipercayai sebagian masyarakat dapat menyebabkan varises. Benarkah hal itu?

Klikdokter.com, Jakarta Jika Anda termasuk sering overdosis olahraga, rasanya Anda perlu lebih berhati-hati. Karena beberapa olahraga jika dilakukan asal-asalan malah bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, seperti varises,

Varises disebabkan oleh dinding pembuluh darah yang menjadi tidak elastis dan katup yang berada di pembuluh darah menjadi rusak. Faktor lainnya yakni pertambahan usia (penuaan), riwayat merokok, obesitas dan kebiasaan berdiri atau duduk terlalu lama juga memengaruhi timbulnya varises.

Berdasarkan suatu studi tahun 2009 didapatkan bahwa ternyata olahraga dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah vena di kaki dan mempercepat penyembuhan pembuluh darah pasca operasi. Namun beberapa jenis olahraga seperti mengangkat beban dapat meningkatkan risiko terjadinya varises.

Mengangkat beban dengan posisi yang tidak benar serta pengaturan nafas yang salah dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah vena. Jika kebiasaan ini terjadi terus menerus bisa menyebabkan varises.

Lalu, apakah berarti kita tidak boleh sama sekali mengangkat beban? Jawabannya tentu boleh, asalkan dilakukan dengan posisi yang benar, pengaturan nafas yang benar.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu berjalan atau jogging usai mengangkat beban. Penggunaan compression stocking dapat memperbaiki sirkulasi pembuluh darah vena sehingga mengurangi risiko terjadinya varises.

Sebenarnya masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan terbentuknya varises di kaki. Khusus pada wanita kebiasaan menggunakan sepatu hak tinggi dalam waktu lama, merokok, dan malas berolahraga lebih mudah berdampak terhadap terbentuknya varises dibandingkan dengan overdosis olahraga.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar