Sukses

7 Camilan Enak yang Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Sulit tidur nyenyak? Berikut ini 7 jenis camilan yang bisa Anda jadikan pilihan untuk dikonsumsi di malam hari.

Klikdokter.com, Jakarta Tidur nyenyak merupakan hak setiap manusia. Tapi sayangnya, beberapa orang sangat sulit untuk mendapatkan hak ini. Apakah Anda salah satunya?

Tenang, tidak perlu khawatir. Berikut 7 camilan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan tidur nyenyak di malam hari:

  1. Cokelat

    Cokelat hitam kaya akan antioksidan. Terbukti dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, melawan peradangan, dan memperbaiki mood.

  2. Almond

    Camilan sehat ini memiliki kandungan triptofan asam amino–yang mendukung tidur, serta magnesium sebagai pelemas otot alami. Protein dalam kacang almond juga akan membuat Anda kenyang sepanjang malam.

  3. Telur

    Telur adalah sumber protein yang sangat baik. Memasangkan telur dengan roti gandum yang dibakar akan membantu proses pelepasan serotonin menjadi lebih efisien.

    Karbohidrat kompleks dari roti gandum akan membuat triptofan lebih mudah diserap ke otak. Sedangkan protein pada telur akan
    membantu mencegah kelaparan di saat Anda tidur. Dengan demikian, Anda bisa tidur nyenyak sampai pagi.

  4. Gandum

    Banyak orang yang menganggap gandum hanya sebagai makanan yang pas untuk sarapan. Justru, gandum adalah sumber alami melatonin–hormon yang mengatur siklus bangun dan tidur.

  5. Pisang

    Pisang memiliki dua gizi penting, yaitu potasium dan magnesium. Zat gizi ini dapat membantu mengendurkan otot, sehingga Anda dapat tidur nyenyak di malam hari. Padukan pisang dengan mentega almond, agar camilan Anda kaya akan protein.

  6. Ceri

    Buah ceri mengandung melatonin alami, yang dapat membantu mengendalikan ‘jam’ tubuh. Melatonin pada ceri mampu menurunkan suhu tubuh, dan membantu membangkitkan rasa kantuk.

    Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa orang dewasa yang minum dua gelas jus ceri di malam hari memiliki waktu tidur rata-rata 40 menit lebih lama, dengan peningkatan efisiensi tidur sebesar 6%.

  7. Susu dan produk olahannya

    Penelitian terbaru menunjukkan, kebutuhan kalsium harian yang tidak terpenuhi menyebabkan menurunnya waktu tidur.

    Berita baiknya, susu dan produk olahannya – seperti keju dan yoghurt – kaya akan kandungan triptofan dan kalsium. Jadi, agar Anda bisa tidur nyenyak, jangan lupa untuk mengonsumsi susu atau produk olahannya sebelum tidur, ya!

Camilan mana yang jadi favorit Anda? Meski dapat membuat Anda tidur nyenyak, bukan berarti camilan di atas boleh dikonsumsi berlebihan. Karena jika dikonsumsi berlebihan, berat badan Anda justru akan meningkat.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar