Sukses

Efektivitas Vitamin C dalam Menurunkan Berat Badan

Selain mampu meningkatkan kekebalan tubuh, rutin mengonsumsi vitamin C juga membantu dalam menurunkan berat badan.

Klikdokter.com, Jakarta Vitamin C memang tidak secara langsung berhubungan dengan berat badan. Akan tetapi, ia diperlukan dalam proses metabolisme yang berhubungan dengan pembakaran lemak. Oleh sebab itu, kadar vitamin C dalam darah harus cukup ketika Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi tahun 2007 yang dimuat dalam The Journal of Nutrition, American Society for Nutrition menemukan kadar vitamin C dalam darah berbanding terbalik dengan indeks massa tubuh (IMT), persentase lemak tubuh, dan lingkar pinggang (LP) seseorang. Artinya, orang dengan berat badan berlebih rata-rata memiliki kadar vitamin C yang rendah. Mengapa?

Vitamin C merupakan elemen penting yang diperlukan untuk membakar lemak. Seseorang dengan kadar vitamin C yang cukup akan membakar lemak 30% lebih banyak selama aktivitas fisik sedang dibandingkan seseorang dengan kadar vitamin C yang rendah. Dengan kata lain, kekurangan vitamin C akan menghambat penurunan berat badan.

Berdasarkan studi terkini, konsumsi vitamin C untuk pria dewasa sehat dianjurkan 110 mg/hari dan untuk wanita dewasa 95 mg/hari. Untuk perokok, kebutuhan vitamin C lebih tinggi, yaitu 155 mg/hari untuk pria dan 135 mg/hari untuk wanita. Ini disebabkan perokok lebih banyak kehilangan vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan.

Agar kebutuhan vitamin C terpenuhi, Anda dapat mengonsumsi makanan seperti brokoli, jeruk, paprika merah, stroberi, dan jambu merah. Suplemen vitamin C dapat digunakan jika konsumsi dari makanan dirasa belum cukup.

Penting untuk diperhatikan bahwa konsumsi vitamin C baik dari makanan maupun suplemen tidak boleh lebih dari 2.000 mg per hari. Jika terlalu banyak dikonsumsi, vitamin C dapat mengganggu penyerapan zat gizi lain selain menyebabkan diare, kram perut, dan mual.

Vitamin C juga merupakan vitamin larut air, yang tidak akan disimpan melainkan dibuang melalui urine. Konsumsinya yang berlebihan dalam waktu lama juga berpotensi menimbulkan batu ginjal dalam bentuk batu kalsium oksalat.

Jika Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, asupan kalori harian juga perlu diperhatikan. Meski kebutuhan vitamin C terpenuhi, berat badan tidak akan turun selama asupan kalori berlebih. Makanlah buah dan sayur yang kaya serat dan vitamin C sehingga Anda kenyang tanpa menambah jumlah kalori.

Sebagai kesimpulan, kecukupan vitamin C disertai pola makan yang seimbang dan aktivitas fisik yang rutin, membuat pembakaran lemak lebih efektif. Penurunan berat badan pun akan lebih optimal.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar