Sukses

Apakah Tubuh Kurus seperti Jokowi Pasti Tidak Sehat?

Benarkah tubuh kurus – seperti Presiden Jokowi – selalu berhubungan dengan kondisi kesehatan seseorang?

Klikdokter.com, Jakarta Presiden Republik Indonesia periode 2014-2019, Joko Widodo atau kerap disapa Jokowi, memiliki postur tubuh yang kurus. Kondisi fisik yang demikian memunculkan banyak pertanyaan, salah satunya terkait dengan kesehatan beliau.

Bahkan saat sidang tahunan MPR 2017 pada hari Rabu (16/8/2017), politisi PKS Tifatul Sembiring yang memimpin doa penutup pada kesempatan itu menyelipkan pemohonan di dalam doanya, agar tubuh Presiden Jokowi bertambah gemuk.

“Gemukkanlah badan beliau ya Allah, karena kini terlihat semakin kurus. Padahal tekad beliau dalam membangun bangsa dan negara ini tetap membara untuk maju terus agar menjadi bangsa yang adil makmur dan sejahtera,” kata Tifatul, seperti dikutip dari liputan6.com
Kurus selalu tidak sehat?

Memang, tidak sedikit yang berprasangka bahwa tubuh kurus identik dengan kondisi kesehatan tertentu. Tapi fakta yang sebenarnya tidak selalu demikian. Berat badan seseorang dapat ditentukan oleh faktor genetik atau keturunan, tanpa adanya penyakit atau kondisi medis lain yang mendasari.

Sebenarnya bentuk tubuh maupun berat badan tidak memiliki pengaruh yang terlalu besar terhadap kesehatan seseorang. Dengan catatan, komposisi otot dan lemak tubuh seimbang, tidak lebih ataupun kurang.

Dalam Journal of Obesity, sejumlah peneliti mengungkapkan bahwa penggunaan indeks massa tubuh, tinggi, dan berat badan untuk mengukur kesehatan seseorang dianggap sebagai suatu tindakan yang kurang tepat.

“Banyak orang melihat obesitas sebagai hukuman mati. Tapi data menunjukkan ada puluhan juta orang yang kelebihan berat badan dan obesitas ternyata sangat sehat,” kata asisten profesor psikologi di UCLA College, A. Janet Tomiyama.

Atas alasan itu, berat badan bukanlah satu-satunya patokan untuk mengukur kesehatan seseorang. Karena untuk mengetahui kesehatan secara pasti, seseorang harus melewati serangkaian tes medis yang sangat rumit.

Oleh karenanya, dapat disimpulkan bahwa meskipun Anda memiliki tubuh kurus bagaikan tubuh Presiden Jokowi, tidak berarti Anda dan beliau tidak sehat. Jadi, jangan buru-buru berprasangka, ya. Salam sehat!

[NB/ RVS]

1 Komentar