Sukses

Sudah Olahraga tapi Tak Kunjung Langsing, Apa yang Salah?

Anda sudah mati-matian olahraga dan mengurangi porsi makan, tapi berat badan tak kunjung turun. Di mana letak kesalahannya?

Klikdokter.com, Jakarta Akui saja, menurunkan berat badan memang tak semudah membalik telapak tangan. Beberapa orang bahkan sudah berolahraga dan mengurangi porsi makan, tetapi berat badannya tak kunjung turun. Apa yang salah?

Coba Anda ingat. Mungkin ada yang salah dengan metode penurunan berat badan yang Anda lakukan. Sejumlah ahli menyebut bahwa olahraga yang berlebihan ternyata tidak dianjurkan. Alih-alih mendapatkan berat badan ideal, Anda malah berpotensi bertambah gemuk karena stres dan merasa terbebani dengan tuntutan olahraga.

“Kunci utama dalam menurunkan berat badan adalah dengan angka yang seimbang antara kalori yang masuk dan kalori yang keluar dari tubuh,” kata Michael Joyner, seorang peneliti dari Mayo Clinic.

“Sangat mudah untuk membuat seseorang makan 1.000 kalori lebih sedikit per hari, tapi membuat mereka mengeluarkan 1.000 kalori per hari dengan berolahraga atau berjalan masih menjadi hal yang menakutkan,” sambungnya.

Nyatanya, mengurangi porsi makan bukanlah satu-satunya cara yang harus dilakukan jika ingin menurunkan berat badan. Apalagi jika tidak dibarengi dengan olahraga. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat menghambat proses penurunan berat badan Anda, seperti:

  1. Stres

    Terlalu memaksakan diri untuk berolahraga dapat membuat Anda stres. Dan stres adalah satu “pintu” yang dapat menghambat keberhasilan program diet Anda.

    Pasalnya saat Anda stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol atau hormon stres. Peningkatan hormon kortisol ini biasanya dibarengi juga dengan meningkatnya rasa lapar. Karena itu, Anda rentan tergoda untuk menyantap makanan tinggi kalori untuk membantu “menenangkan” diri.

  2. Kurang tidur

    Kurang tidur dapat mengacaukan siklus hormon di dalam tubuh. Perubahan hormonal tersebut bisa memicu rasa lapar dan membuat Anda tidak juga merasa kenyang. Akhirnya, hal itu akan mendorong Anda untuk terus makan agar rasa lapar dapat berkurang.

    Anda juga akan lebih menginginkan junk food ketimbang makanan sehat saat kurang tidur. Kalau sudah begitu, jangan harap Anda dapat dengan segera memperoleh bentuk tubuh ideal.

  3. Konsumsi obat tertentu

    Mengonsumsi jenis obat tertentu, seperti obat antidepresi, bisa memicu peningkatan berat badan. Jika memang Anda harus mengonsumsinya, konsultasikan dengan seorang pelatih atau dokter untuk menentukan pola diet yang terbaik untuk Anda. Sebab setiap orang memiliki kecocokan yang berbeda antara pola diet satu dengan yang lainnya.

Perhatikan lagi, adakah dari hal-hal tersebut yang mungkin jadi penyebab Anda gagal menurunkan berat badan? Jika tidak ada, mungkin Anda memang harus lebih berusaha lagi. Ingat, selain mengurangi porsi makan, Anda harus mengimbangi dengan olahraga. Namun jangan berlebihan, ya!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar