Sukses

Sudah Olahraga tapi Tak Kunjung Langsing, Apa yang Salah?

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan rutin berolahraga. Namun, setelah melakukannya, tapi badan tak kunjung langsing, apa penyebabnya?

Memiliki berat badan ideal menjadi idaman setiap orang. Tidak hanya menunjang penampilan seseorang, badan ideal dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Dalam prosesnya, menurunkan berat badan tidaklah mudah. Beberapa orang mengalami hambatan berat badan susah turun, meskipun sudah rutin berolahraga. Apa penyebabnya?

 

1 dari 3 halaman

Kenapa Berat Badan Susah Turun?

Ketika Anda sudah berolahraga tetapi berat badan tak kunjung turun, sebaiknya Anda memperhatikan pola hidup yang Anda jalani dan berbagai faktor lain yang bisa memengaruhi.

Berdasarkan penelitian, meskipun olahraga yang berlebihan dapat membakar kalori lebih banyak, olahraga juga bisa menyebabkan stres dan menimbulkan beban pada tubuh. Kondisi ini justru berpotensi menambah gemuk.

Artikel Lainnya: Kapan Tubuh Paling Banyak Membakar Kalori?

Hal utama yang harus diperhatikan ketika sedang diet atau berupaya menurunkan berat badan adalah kalori yang keluar harus lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang masuk melalui makanan yang dikonsumsi.

Ketika kalori yang keluar lebih banyak, tubuh akan berusaha menggunakan cadangan energi yang ada di dalam tubuh (salah satunya lemak) sehingga berat badan akan turun.

2 dari 3 halaman

Faktor Penyebab Berat Badan Susah Turun

Ketika Anda sudah olahraga tetapi berat badan tidak turun, perhatikan beberapa faktor penyebab berat badan susah turun berikut ini:

1. Pola Makan yang Salah

Meskipun harus menjaga jumlah kalori yang masuk, Anda tetap harus memperhatikan pemenuhan kebutuhan gizi. Upayakan konsumsi makanan bergizi seimbang dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

2. Kurang Konsumsi Serat

Kurang mengonsumsi serat memicu berat badan susah turun. Padahal, serat akan membantu tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menurunkan asupan kalori yang dikonsumsi setiap hari.

Artikel Lainnya: 8 Makanan Alami yang Bisa Bakar Lemak di Tubuh

3. Sering Ngemil

Konsumsi camilan di sela makan besar saat diet tidak sepenuhnya salah. Namun, yang harus diperhatikan adalah jenis camilan yang dipilih karena bisa saja camilan menjadi pemicu berat badan susah turun. Pilihlah buah sebagai camilan di sela makan besar ketika merasa lapar.

4. Metode Olahraga yang Tidak Tepat

Merasa sudah olahraga, tetapi berat badan tidak turun? Mungkin metode olahraga yang Anda lakukan tidak tepat.

Memang benar bahwa semakin panjang durasi dan semakin tinggi intensitas olahraga yang dipilih, jumlah kalori yang dikeluarkan akan lebih banyak. Namun, yang terpenting adalah rutin melakukannya. Sebaiknya, olahraga dilakukan minimal tiga kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 30 menit.

5. Stres

Jika melakukan diet dengan rasa terpaksa atau berolahraga justru membuat Anda stres, hal ini dapat menggagalkan diet sehingga berat badan susah turun.

Ketika mengalami stres, terjadi peningkatan hormon kortisol dan hormon stres yang menyebabkan rasa lapar. Akibatnya, Anda bisa lebih tergoda untuk menyantap makanan tinggi kalori untuk menenangkan diri.

Artikel Lainnya: Langkah-langkah untuk Memulai Pola Hidup Sehat

6. Kurang Tidur

Salah satu upaya menerapkan pola hidup sehat adalah menjaga tubuh dengan istirahat yang cukup. Ketika mengalami kurang tidur, akan terjadi gangguan pada siklus hormon dalam tubuh. Hal ini dapat memicu rasa lapar sehingga berat badan susah turun.

7. Malas Beraktivitas

Ketika sedang menjalani program diet, konsumsi makanan cenderung dibatasi. Sebaliknya, aktivitas olahraga akan ditingkatkan. Hal ini tidak jarang membuat orang menjadi malas beraktivitas, karena merasa tidak memiliki cukup energi.

Jika Anda tengah menjalankan program diet, sebaiknya Anda beraktivitas seperti biasa. Pilihan aktivitas sehari-hari juga dapat membantu membakar kalori dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

8. Konsumsi Obat Tertentu

Alasan kenapa berat badan susah turun lainnya adalah konsumsi obat. Orang dengan penyakit atau kondisi kesehatan tertentu harus mengonsumsi obat secara rutin. Obat antidepresan, misalnya, akan memicu berat badan naik. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan pola diet yang tepat.

Masalah berat badan yang susah turun setelah diet atau olahraga tak jarang dihadapi. Akan tetapi, dengan dibarengi pola hidup sehat secara konsisten, berat badan yang ideal dan tubuh yang sehat pun akan tercapai. Bila masih ragu, Anda juga bisa meminta bantuan ahli untuk membantu penurunan berat badan.

Anda juga dapat berkonsultasi seputar proses menurunkan berat badan yang dijalani melalui layanan LiveChat di aplikasi KlikDokter.

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar