Kesehatan Umum

Mana yang Lebih Efektif untuk Diet, Teh Hijau atau Teh Putih?

dr. Muhammad Isman S, 07 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Teh hijau dan teh putih sama-sama dapat membantu diet Anda. Namun, manakah yang paling efektif? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Mana yang Lebih Efektif untuk Diet, Teh Hijau atau Teh Putih?

Minum teh tertentu dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Dua jenis teh yang dianggap cocok untuk diet adalah teh hijau dan teh putih.

Ada perbedaan teh hijau dan teh putih yang khas. Teh putih diambil dari pohon teh yang lebih muda. Sementara, teh hijau berasal dari daun teh yang tumbuh selanjutnya. 

Sama-sama dinilai mampu membantu menurunkan berat badan, tapi mana jenis teh yang lebih efektif?

Manfaat Teh Hijau untuk Diet

Teh hijau atau green tea merupakan salah satu jenis teh yang cukup populer. Proses pengolahan teh hijau tidak melalui proses oksidasi. 

Jika diseduh dengan suhu rendah dan waktu singkat, teh hijau mengandung kadar kafein lebih rendah (10-30 persen dibanding kopi).

Artikel Lainnya: Kenali, Ini Jenis Teh dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Salah satu manfaat teh hijau untuk diet adalah membakar lemak dan mempercepat proses metabolisme. Beberapa studi menunjukkan, pemberian teh hijau membantu membakar lemak hingga 17 persen lebih banyak dibandingkan pemberian plasebo.

Oleh karena itu, teh hijau dipercaya dapat menurunkan berat badan. Hal ini berdasarkan sebuah studi dalam Journal of the American College of Nutrition

Partisipan yang minum 4 gelas teh hijau setiap hari selama 2 bulan dapat menurunkan berat badan 2,7 kg lebih banyak, dibandingkan partisipan yang hanya minum air putih.

Manfaat Teh Putih untuk Diet

Berbagai penelitian menunjukkan, teh putih berpotensi membantu proses diet. Ekstrak teh putih diteliti dapat meningkatkan pemecahan sel lemak dan mencegahnya terbentuk kembali.

Lebih lanjut, studi dalam jurnal Nutrition and Metabolism menyebutkan, minum teh putih rutin dapat menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme. 

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memberikan kesimpulan akhir. 

Artikel Lainnya: Sering Minum Teh Bisa Sebabkan Anemia?

Lalu, Mana yang Lebih Ampuh untuk Diet?

Sebenarnya hingga saat ini belum diketahui pasti mana yang lebih baik. Ditambah lagi, berbagai penelitian terkait menunjukkan potensi yang hampir sama pada teh hijau dan teh putih dalam menurunkan berat badan. 

Dibanding fokus pada jenis teh diet tertentu, hal terpenting dalam menurunkan berat badan yaitu menjaga pola makan dan berolahraga teratur. 

Percuma saja jika Anda minum bergelas-gelas teh hijau dan teh putih tetapi tidak mengimbanginya dengan gaya hidup sehat.

Baik teh hijau ataupun putih, keduanya bermanfaat bagi kesehatan. Mengganti minuman tinggi kalori seperti soda dan jus kemasan dengan teh hijau maupun teh putih membantu mengurangi intake kalori. Hal ini bisa mendorong penurunan berat badan.

Dapatkan tips diet sehat dan aman lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi kepada dokter via LiveChat.

(FR/AYU)

Teh hijauDietTeh Putih

Konsultasi Dokter Terkait