HomeGaya hidupSehat dan BugarGampang Ngantuk di Kantor? Jauhi 3 Hal Ini
Sehat dan Bugar

Gampang Ngantuk di Kantor? Jauhi 3 Hal Ini

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 07 Agt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sering ngantuk saat berada di kantor? Temukan cara menyiasatinya di sini.a

Gampang Ngantuk di Kantor? Jauhi 3 Hal Ini

Anda pasti pernah ngantuk saat berada di kantor. Mengantuk dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Dalam keadaan wajar, mengantuk dapat terjadi jika kurangnya waktu istirahat. Karena itu, beberapa hal berikut ini wajib dihindari untuk mencegah Anda mengantuk di kantor:

  1. Jangan makan siang terlalu banyakPekerjaan yang menumpuk seringkali membuat Anda tidak memiliki waktu yang banyak untuk makan. Anda pun akhirnya menggunakan waktu yang ada untuk makan sebanyak-banyaknya. Tapi, tahukah Anda bahwa makan terlalu banyak dan membuat perut penuh tidak disarankan.Hal ini dapat meningkatkan kadar insulin. Fungsi insulin adalah meningkatkan masuknya gula ke dalam sel tubuh. Namun, insulin juga meningkatkan kadar serotonin dan melatonin.Kedua hormon inilah yang dapat menyebabkan rasa ngantuk. Jadi, ingin menghindari rasa ngantuk ketika di kantor? Jagalah jumlah asupan makanan Anda.
  2. Hindari duduk terus di kantorPosisi duduk yang sama dalam waktu lama dapat menyebabkan seorang mengalami kekakuan otot dan terasa pegal. Selain itu, hal ini juga seringkali menyebabkan rasa ngantuk.Untuk menyiasati hal ini, ketika Anda sudah merasakan pegal, cobalah untuk mengubah posisi atau sekedar berjalan keliling kantor. Anda juga bisa keluar kantor untuk menghirup udara segar, dan mengubah suasana untuk sesaat.
  3. Jangan lupakan olahragaOlahraga baik untuk melatih daya tahan, meningkatkan kelenturan tubuh, dan memacu jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Tubuh yang kuat diperlukan untuk menjaga kekuatan fisik Anda selama seharian bekerja.

Mengantuk tak selamanya karena kurangnya waktu istirahat di malam hari. Melakukan tiga hal di atas dapat membantu Anda terhindar dari kebiasaan ngantuk saat di kantor. Dengan demikian Anda pun dapat leluasa bekerja tanpa serangan kantuk yang menganggu konsentrasi..

(DA/ RH)

kantorngantukkantuk

Konsultasi Dokter Terkait