Sukses

Beragam Manfaat Membaca bagi Kesehatan Anda, Apa Saja?

Tak hanya menambah wawasan, membaca ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan, lho! Ketahui manfaat membaca yang baik untuk kesehatan berikut ini.

Sejak kecil, kita mungkin kerap didorong untuk rajin membaca, baik oleh orang tua maupun guru di sekolah. Membaca dianggap sebagai cara untuk memberikan asupan kepada otak secara kognitif sehingga membuat seseorang semakin pintar dan berwawasan luas. 

Namun, tahukah Anda, bahwa manfaat membaca buku ternyata jauh lebih banyak dari itu. Berbagai penelitian telah dilakukan oleh para ahli untuk mencari tahu manfaat membaca bagi kesehatan secara umum. Apa saja manfaat membaca buku? 

1 dari 4 halaman

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Melalui pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI), para peneliti menemukan bahwa membaca buku dapat mengaktifkan sebuah jejaring sirkuit yang kompleks di otak. 

Dengan semakin sering seseorang membaca, sirkuit ini akan semakin kuat dan semakin kompleks. Hal ini akan memengaruhi fungsi otak yang lain juga, seperti fungsi memori, gerak, dan sensitivitas terhadap nyeri. 

2. Meningkatkan Empati 

Menurut penelitian, mereka yang gemar membaca buku, khususnya buku fiksi, memiliki kemampuan berempati yang lebih tinggi. Mereka akan lebih mampu untuk memahami perasaan dan emosi dari orang lain dan hal ini membantu dalam hubungan interpersonal dan kehidupan bersosialisasi. 

Artikel Lainnya: Membaca Buku bersama Anak bisa Mencegah Pola Asuh Keras

2 dari 4 halaman

3. Mengurangi Stres

Stres, khususnya stres kronis (berlangsung bertahun-tahun), dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan bagi yang mengalaminya. Salah satu manfaat membaca buku adalah dapat mengurangi stres. 

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of College Teaching and Learning menjelaskan, kebiasaan membaca buku setidaknya 30 menit setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan frekuensi detak jantung, dan menurunkan perasaan stres. 

Manfaat tersebut sama efektifnya dengan olahraga meditatif seperti yoga dan menyaksikan humor. 

4. Meningkatkan Kualitas Tidur 

Menyambung dari manfaat sebelumnya, membaca buku dapat meningkatkan kualitas tidur. Mereka yang menjadikan membaca buku sebagai salah satu bagian dari rutinitas sebelum tidur (sleep routine) cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan terhindar dari masalah tidur seperti insomnia

5. Mencegah Penurunan Kognitif Akibat Usia 

Manfaat membaca buku selanjutnya adalah memelihara fungsi kognitif dan memori seseorang. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko seseorang mengalami masalah kognitif di usia lanjut, seperti demensia. Membaca memiliki efek protektif (perlindungan) bagi otak dan kemampuan kognitif. 

Artikel Lainnya: Tips Mengajari Anak Disleksia Membaca dan Menulis

3 dari 4 halaman

6. Meningkatkan Harapan Hidup

Sebuah studi menunjukkan, mereka yang rutin membaca buku selama 30 menit per hari, angka mortalitasnya (kematian akibat berbagai penyakit) akan berkurang setidaknya 20 persen dibandingkan mereka yang tidak memiliki kebiasaan membaca buku. 

Jenis bacaan rupanya juga memberikan pengaruh. Sebuah penelitian dengan durasi yang lebih panjang juga mengatakan, mereka yang rutin membaca buku cenderung hidup dua tahun lebih lama dibandingkan mereka yang tidak membaca atau membaca majalah, koran, atau media lainnya. 

7. Mengurangi Gejala Depresi 

Manfaat membaca buku bagi kesehatan mental pun sudah banyak diteliti. Salah satu manfaatnya bisa didapatkan oleh mereka yang memiliki masalah mental seperti depresi

Depresi akan membuat seseorang merasa terisolasi dan terasing dari lingkungan di sekitarnya. Dengan membaca buku, perasaan ini dapat berkurang. Baik buku fiksi maupun non fiksi yang bersifat self help dapat membantu mengurangi gejala depresi pada penderitanya.

Seluruh manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan meluangkan waktu setidaknya 30 menit per hari atau sekitar 3,5 jam per minggu untuk membaca buku. Jadi, tunggu apa lagi? Ambillah buku-buku di rak buku Anda dan mulailah membaca dengan rutin. Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar