Sehat dan Bugar

Beragam Manfaat Membaca bagi Kesehatan Anda, Apa Saja?

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 10 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak hanya menambah wawasan, membaca ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan, lho! Ketahui manfaat membaca yang baik untuk kesehatan berikut ini.

Beragam Manfaat Membaca bagi Kesehatan Anda, Apa Saja?

Membaca dianggap sebagai cara memberikan asupan kepada otak secara kognitif. Jadi, Anda bisa semakin pintar dan berwawasan luas. 

Namun, manfaat membaca buku ternyata jauh lebih banyak dari itu! Membaca buku diklaim dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Hal ini dinilai dapat bertahan seumur hidup. 

Apa manfaat membaca? Berikut manfaat membaca bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Melalui pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI), para peneliti menemukan, membaca buku dapat mengaktifkan sebuah jejaring sirkuit yang kompleks di otak. 

Dengan semakin sering membaca, sirkuit tersebut akan semakin kuat dan kompleks. Hal ini akan memengaruhi fungsi otak yang lain juga, seperti fungsi memori, gerak, dan sensitivitas terhadap nyeri. 

Artikel Lainnya: Anak Suka Baca Berisiko Mata Jadi Minus, Ini Faktanya!

2. Meningkatkan Empati

Menurut penelitian, mereka yang gemar membaca buku, khususnya fiksi, memiliki kemampuan berempati lebih tinggi. 

Mereka akan lebih mampu memahami perasaan dan emosi orang lain. Hal ini membantu dalam hubungan interpersonal dan kehidupan bersosialisasi. 

Dalam penelitian lain, pembaca fiksi jangka panjang cenderung memiliki teori cara berpikir yang berkembang lebih baik.

3. Melatih Daya Ingat dan Konsentrasi

Aktivitas membaca diketahui sebagai proses yang menuntut kognitif, yang dapat memperkuat memori dan konsentrasi. 

Ketika membaca, Anda akan memproses kata-kata yang dibaca dan membantu mengingat pengetahuan. 

Para ahli mengatakan, rutinitas membaca yang teratur membantu otak melatih proses mental yang berkontribusi pada fungsi memori. Proses ini membutuhkan upaya mental dan sejumlah konsentrasi. 

Dengan penguatan berkelanjutan, maka akan ada kapasitas yang lebih besar untuk fungsi memori dan konsentrasi.

Artikel Lainnya: Bibliotherapy, Terapi Membaca Buku untuk Kesehatan Mental

4. Mengurangi Stres

Stres, khususnya stres kronis (berlangsung bertahun-tahun), dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Salah satu manfaat membaca buku adalah mengurangi stres. 

Sebuah penelitian dalam Journal of College Teaching and Learning menjelaskan, kebiasaan membaca buku setidaknya tiga puluh menit setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah, frekuensi detak jantung, dan stres. 

Manfaat tersebut sama efektifnya dengan olahraga meditatif seperti yoga dan menyaksikan humor. 

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Menyambung dari manfaat sebelumnya, membaca buku dapat meningkatkan kualitas tidur. 

Mereka yang menjadikan membaca buku sebagai salah satu bagian dari rutinitas sebelum tidur cenderung memiliki kualitas tidur lebih baik dan terhindar dari masalah tidur seperti insomnia

Untuk hasil optimal, Anda disarankan membaca buku atau tulisan yang dicetak ketimbang melalui layar gawai. Pasalnya, cahaya yang dipancarkan perangkat tersebut dapat membuat Anda tetap terjaga dan sulit tertidur. 

6. Mencegah Penurunan Kognitif Akibat Usia

Manfaat membaca buku bagi kesehatan selanjutnya adalah memelihara fungsi kognitif dan memori. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko masalah kognitif di usia lanjut, seperti demensia

Membaca memiliki efek protektif (perlindungan) bagi otak dan kemampuan kognitif. 

Artikel Lainnya: Manfaat Gemar Membaca untuk Kesehatan Otak Anda

7. Meningkatkan Harapan Hidup

Sebuah studi menunjukkan, mereka yang rutin membaca buku selama 30 menit per hari punya penurunan angka mortalitas (kematian akibat berbagai penyakit) setidaknya 20 persen, dibandingkan mereka yang tidak terbiasa membaca buku. 

Jenis bacaan rupanya juga memberikan pengaruh. Sebuah penelitian mengatakan, mereka yang rutin membaca buku cenderung hidup dua tahun lebih lama, dibandingkan mereka yang tidak membaca sama sekali ataupun membaca majalah, koran, dan media lainnya. 

8. Mengurangi Gejala Depresi

Manfaat membaca buku bagi kesehatan mental pun sudah banyak diteliti. Salah satu manfaatnya bisa didapatkan oleh mereka yang memiliki masalah mental seperti depresi

Depresi akan membuat seseorang merasa terisolasi dan terasing dari lingkungan di sekitarnya. Dengan membaca buku, perasaan ini dapat berkurang. 

Buku fiksi maupun non-fiksi yang bersifat self-help dapat membantu mengurangi gejala depresi pada penderitanya.

Secara umum, manfaat membaca dapat meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat, bahkan dikaitkan dengan umur yang lebih panjang.

Seluruh manfaat itu bisa Anda dapatkan dengan meluangkan waktu setidaknya 30 menit per hari atau sekitar 3,5 jam per minggu untuk membaca buku. 

Jadi, tunggu apa lagi? Ambillah buku-buku dan mulailah membaca dengan rutin! 

Cari tahu informasi kesehatan menarik lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi online dengan dokter dan psikolog via Live Chat

(FR/NM)

membaca bukuMembacaKemampuan Kognitif

Konsultasi Dokter Terkait