Sukses

Memakai Bra Berkawat, Baik atau Buruk?

Bra dengan kawat dinilai mampu menopang payudara lebih kuat. Namun, ada pula anggapan bahwa bra jenis ini tidak baik bagi kesehatan.

Bra, BH, ataupun beha merupakan salah satu elemen penting untuk menopang payudara wanita. Jika memilih jenis yang tepat, bra dapat membuat postur tubuh menjadi tampak proporsional.

Variasi jenis bra di pasaran bergantung pada kegunaan masing-masing, misalnya bra berkawat yang dipercaya memiliki daya topang lebih kuat ketimbang bra tanpa kawat. Namun, adakah bahaya dari penggunaan bra berkawat?

Mengenal Bra Berkawat

Jenis bra di pasaran saat ini sangat bervariasi, misalnya bra khusus untuk wanita hamil, menyusui, berolahraga, pemakaian sehari-hari, lingerie untuk wanita yang ingin tampil seksi, dan lain-lain.

Dari bentuknya, terdapat bra dengan kawat ataupun tidak, bra bertali maupun strapless, padded bra atau yang tidak memiliki tambahan pad, full cup maupun half cup, dan masih banyak lagi. Lalu, apa kategori bra berkawat?

Sesuai dengan namanya, bra berkawat adalah bra yang dilengkapi dengan kawat pada bagian bawah dari cup. Kawat ini umumnya berbentuk setengah lingkaran, sesuai dengan lengkungan payudara.

Bra dengan kawat dapat memiliki banyak variasi bentuk lainnya, seperti pada tali, bahan, dan lain-lain.

Anda pasti sudah tidak asing dengan berbagai varian dari bra berkawat tersebut. Memang, bisa dibilang bra jenis ini merupakan bra yang paling populer dan banyak digunakan wanita.

Artikel Lainnya: Pakai Bra yang Sama Lebih dari Sehari, Amankah untuk Kesehatan?

1 dari 3 halaman

Keunggulan dan Manfaat Bra Berkawat

Ada beberapa keunggulan dari bra kawat yang bisa Anda peroleh, antara lain:

  • Daya Topang Lebih Kuat

Manfaat utama dari bra berkawat adalah untuk menyokong dan ‘mengangkat’ payudara Anda. Oleh karena itu, sering kali jenis bra ini dicari oleh mereka yang membutuhkan support maksimum, misalnya mereka dengan dada besar.

Bra berkawat memang disarankan untuk perempuan dengan payudara besar. Namun, bukan berarti payudara kecil tidak bisa menggunakan bra jenis ini. Meski payudara kecil, Anda juga bisa, kok, memakai bra berkawat.

  • Tahan Lama

Adanya kawat pada bra juga membantu pakaian dalam Anda menjadi lebih ‘kokoh’ sehingga bra akan tahan lebih lama. Namun, dengan catatan Anda mencucinya secara tepat.

  • Mudah Dicari

Mengingat bra berkawat merupakan opsi yang populer bagi wanita, maka jenisnya pun banyak sekali di pasaran. Anda akan mudah untuk mencari tipe, bahan, dan warna bra sesuai dengan kebutuhan.

Artikel Lainnya: Catat! Penyebab Kanker Payudara Bukan Bra Berkawat

2 dari 3 halaman

Kekurangan dan Bahaya Bra Berkawat

Setiap produk memiliki kekurangan, termasuk juga dengan bra berkawat. Bra jenis ini memiliki beberapa kekurangan, terlebih jika dipakai terlalu ketat.

Bahaya bra berkawat yang terlalu ketat dapat menyebabkan tulang dada tertekan, sehingga dapat mengganggu pernapasan dan menyebabkan nyeri pada tulang belakang.

Selain itu, pemakaian bra yang terlalu ketat dapat membuat kulit di sekitar payudara mengalami iritasi dan menghitam.

Lebih lanjut, bra berkawat mungkin tidak nyaman dikenakan sepanjang waktu. Oleh karena itu, saat Anda tidur atau berolahraga, akan lebih nyaman jika Anda menggunakan bra tanpa kawat.

Bra berkawat yang cenderung ‘kaku’ juga mungkin menimbulkan rasa tidak nyaman pada sebagian orang yang menggunakannya. Begitu juga jika dipakai dalam jangka waktu panjang.

Ada pula anggapan mengenai bahaya bra berkawat sebagai pemicu kanker payudara. Alasannya, kawat pada pakaian dalam akan menekan sehingga aliran saluran limfatik—yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh—tidak dapat berjalan dengan lancar.

Akibatnya, terjadi penumpukan ‘racun’ pada jaringan payudara Anda sehingga memicu munculnya kanker payudara. Namun, benarkah bahaya bra berkawat yang satu ini?

Ternyata anggapan tersebut hanya mitos belaka. Pendapat tersebut telah disanggah secara ilmiah oleh penelitian yang membuktikan bahwa jenis bra, lamanya waktu memakai bra, dan mengenakan bra selama tidur tidak ada kaitannya dengan risiko kanker payudara.

Kini Anda sudah mengetahui mengenai manfaat bra berkawat dan bahayanya. Saat membeli bra, baik yang berkawat maupun tanpa kawat, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu bentuk payudara Anda. Pastikan juga Anda mengenakan bra dengan ukuran yang sesuai.

Informasi menarik seputar kesehatan wanita lainnya bisa Anda peroleh di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi langsung kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 jam. Unduh aplikasinya sekarang juga!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar