Sukses

Sederet Bahaya Terlalu Banyak Makan Garam bagi Kesehatan

Meski bisa membuat lidah bergoyang, makanan tinggi garam tetap harus dibatasi. Jika tidak, terlalu banyak makan garam bisa berakibat pada terjadinya kondisi ini.

Makanan tinggi garam rasanya menjadi salah satu asupan yang mesti ada dalam menu sehari-hari. Pasalnya, jenis makanan yang biasanya memiliki rasa gurih ini bisa memberikan kepuasan sendiri saat dikonsumsi.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk salah satu orang yang hobi mengonsumsi makanan tinggi garam? Jika ya, sebaiknya Anda lebih berhati-hati.

Fakta membuktikan bahwa terlalu banyak makan garam bisa berujung pada terjadinya berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit hipertensi, penyakit jantung, bahkan stroke.

Anda tentu tidak ingin mengalami penyakit-penyakit tersebut, bukan? Jika memang demikian, Anda wajib segera membatasi konsumsi garam per hari.

Hal ini sangat wajib dilakukan, apalagi jika Anda telah mengalami ciri dan gejala terlalu banyak makan garam berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Sering Merasa Haus

Saat terlalu banyak makan garam, tubuh Anda akan berusaha menyeimbangkannya dengan memberikan sinyal haus.

Oleh karena itu, orang-orang yang terlalu banyak makan garam akan cenderung mengalami rasa haus berlebihan.

Jika rasa haus tersebut tidak dipatuhi, maka tubuh bisa jatuh pada kondisi dehidrasi. Beberapa gejala yang bisa terjadi, misalnya urine berwarna pekat, mata cekung, badan lemas, bibir kering, dan penurunan kesadaran.

Artikel Lainnya: Garam Himalaya vs Garam Dapur, Mana yang Lebih Sehat?

2. Sering Berkemih

Garam diproses oleh tubuh melalui ginjal. Ketika Anda terlalu banyak makan garam, tubuh akan berusaha mengeluarkannya melalui urine.

Ketika Anda haus dan mulai minum air sebagai penyeimbang, cairan dalam tubuh akan meningkat dan terjadi pula peningkatan jumlah cairan yang dikeluarkan. Hal ini akan membuat Anda akan lebih sering berkemih.

2 dari 4 halaman

3. Rasa Makanan Menjadi Hambar

Apakah Anda merasa bahwa makanan yang belakangan ini dikonsumsi semakin terasa hambar atau kurang gurih? Jika ya, itu merupakan tanda bahwa Anda terlalu banyak makan garam.

Hal tersebut bisa terjadi karena sebelumnya Anda telah terbiasa dengan hadirnya garam dalam jumlah banyak dalam makanan, sehingga indra perasa telah mengalami penyesuaian untuk menerima rasa tersebut lagi dan lagi.

Ketika porsi garam dalam makanan dikurangi meski hanya sedikit, tentu saja rasanya akan lebih hambar.

4. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah yang meningkat juga bisa menjadi tanda bahwa Anda terlalu banyak mengonsumsi garam.

Cairan yang terlalu banyak di dalam tubuh akan meningkatkan volume darah dan merangsang arteri untuk menyeimbangkan kondisi ini dengan memperkecil ukurannya (vasokontriksi).

Kondisi ini lama-kelamaan akan menyebabkan tekanan darah menjadi meningkat.

Tekanan darah yang terus meningkat tanpa terkendali bisa berujung pada terjadinya penyakit hipertensi yang merupakan faktor risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Artikel Lainnya: Awas, 5 Makanan Ini Ternyata Tinggi Kandungan Garam

3 dari 4 halaman

5. Pembengkakan

Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan. Kondisi ini biasanya terjadi di jari-jari atau pergelangan kaki.

Tentu saja, hal ini bisa mengganggu kenyamanan Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

6. Masalah Perut

Terlalu banyak konsumsi garam per hari dapat membuat Anda terserang penyakit yang melibatkan perut dan sekitarnya.

Penyakit tersebut biasanya dimulai dari iritasi ringan, perut kembung, mag, dan bisa berujung pada kanker lambung. 

Atas dasar itu, jika terdapat keanehan pada kondisi perut, bisa jadi itu merupakan tanda bahwa Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan asin. Segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya secara pasti. 

Sekarang Anda sudah tahu ciri dan bahaya makan garam terlalu banyak bagi kesehatan, bukan?

Mulai saat ini, mulailah untuk membatasi asupan garam dalam sehari agar tidak mengalami kondisi-kondisi tersebut.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyatakan bahwa batas konsumsi garam per hari untuk orang dewasa adalah kurang dari 6 gram atau 2000 miligram. Jumlah ini kira-kira sebanyak 1 sendok teh. 

Jika sebelumnya Anda telah mengalami penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, batasi jumlah garam lebih rendah daripada yang disarankan.

Hindari bahaya makan garam terlalu banyak dengan membatasi asupan makanan asin. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat, berolahraga secara teratur, cukup istirahat, kelola stres dengan baik, dan menghindari rokok maupun alkohol.

Jika Anda masih ingin tahu lebih lanjut mengenai bahaya makan garam bagi kesehatan, tak perlu sungkan untuk bertanya pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar