Sukses

Makanan yang Bisa Memperkuat Gigi Anak

Merawat gigi anak perlu dilakukan sejak dini. Ada banyak cara yang bisa membantu memperkuat gigi anak, salah satunya dengan konsumsi makanan tertentu.

Penting bagi orang tua untuk menanamkan kebiasaan membersihkan gigi dan mulut sejak dini pada si Kecil. Selain mengajarkan mereka untuk menyikat gigi setiap hari, mengajak anak untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi juga dapat meningkatkan kesehatan giginya. 

Berikut adalah makanan-makanan untuk memperkuat gigi anak Anda: 

1 dari 5 halaman

1. Sayuran

Sayuran berdaun hijau adalah makanan yang baik untuk gigi anak. Sebab, sayuran berdaun hijau memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan mulut. 

Asam folat yang terdapat pada sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi dan gusi.

Selain itu, sayuran lain seperti wortel dan seledri mengandung banyak air yang secara mekanis dapat membersihkan gigi dan gusi anak. Dengan demikian, wortel dan seledri mampu mengikis plak-plak yang menumpuk. 

2. Apel

Makanan untuk memperkuat gigi anak lainnya ialah apel. Mengonsumsi apel bisa membantu mencegah gigi berlubang, sebab buah ini memiliki serat tinggi yang dapat menghilangkan plak dari gigi. 

Selain itu, buah ini kaya akan vitamin dan mineral serta mudah dijadikan camilan si Kecil. Jadi, ajaklah anak untuk mengonsumsi apel secara rutin sebagai cara menguatkan giginya. 

Artikel Lainnya: Deretan Buah Terbaik untuk Menjaga Gigi Tetap Sehat

2 dari 5 halaman

3. Susu dan Keju

Susu dan keju termasuk makanan yang menyehatkan gigi. Pasalnya, susu dan keju kaya akan kalsium, kasein, dan fosfor yang dapat melindungi enamel gigi. Nutrisi dalam produk susu juga mampu menetralkan sebagian asam yang dihasilkan oleh bakteri plak. 

Tak hanya itu, kalsium dapat memperkuat tulang di sekitar gigi anak dan membuatnya lebih tahan terhadap penyakit gigi.

4. Yoghurt

Siapa sangka, yoghurt juga termasuk makanan untuk memperkuat gigi anak. Yoghurt mengandung bakteri probiotik alami, yang menurut beberapa penelitian dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan penumpukan plak dan radang gusi

Pastikan untuk memilih variasi yoghurt rendah gula atau tanpa gula untuk sarapan anak Anda. 

3 dari 5 halaman

5. Telur

Telur merupakan sumber kalsium, protein, dan vitamin D. Perlu diketahui bahwa vitamin D merupakan mineral penting untuk kesehatan mulut. Vitamin D dibutuhkan untuk membantu menyerap kalsium dan fosfat, yaitu mineral yang berperan membangun dan melindungi gigi agar tetap sehat.

Kandungan vitamin D inilah yang menjadikan telur sebagai salah satu makanan untuk memperkuat gigi anak.

6. Ikan

Salah satu makanan untuk memperkuat gigi anak adalah ikan. Ikan memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Vitamin D juga sangat penting dalam penyerapan kalsium. Tanpa vitamin D yang cukup, tubuh tidak dapat menggunakan kalsium. 

Dari ikan tuna hingga salmon, semuanya menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi anak Anda yang sedang tumbuh.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Bisa Bikin Gigi Anda Retak

4 dari 5 halaman

7. Vitamin C

Vitamin ini dapat diperoleh dari buah-buahan seperti stroberi, kiwi, jeruk, dan melon. Vitamin C berfungsi membunuh bakteri dan meningkatkan kesehatan gusi. Jadi, pastikanlah kebutuhan vitamin C anak Anda tercukupi.

Namun, setelah mengonsumsi makanan tersebut, anak harus menunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat gigi. Hal ini disebabkan asam sitrat dalam buah-buahan tersebut dapat melemahkan enamel gigi untuk sementara, serta membuat gigi rentan terhadap erosi akibat menyikat gigi.

8. Kacang dan Biji-Bijian

Kacang dan biji-bijian termasuk salah satu makanan penguat gigi anak. Mereka mengandung lemak alami yang akan melindungi gigi dari bakteri. 

Minyak di dalam biji-bijian juga akan memperkuat email, sehingga membuat gigi lebih tahan terhadap kemungkinan kerusakan atau gigi berlubang.

Itulah beberapa contoh makanan yang dapat membuat gigi anak sehat dan kuat. Oleh karena itu, pastikan Anda mendorong anak untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, serta jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi.

Ingin membaca artikel kesehatan lainnya seputar gigi dan mulut? Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter gigi melalui fitur Live Chat 24 jam

[FY]

1 Komentar