Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan AnakMakanan yang Bisa Memperkuat Gigi Anak
Kesehatan Anak

Makanan yang Bisa Memperkuat Gigi Anak

drg. Wiena Manggala Putri, 23 Jun 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Merawat gigi anak perlu dilakukan sejak dini. Ada banyak cara yang bisa membantu memperkuat gigi anak, salah satunya dengan konsumsi makanan tertentu.

Makanan yang Bisa Memperkuat Gigi Anak

Merawat kesehatan gigi anak sangatlah penting dilakukan sejak dini. Tak hanya dengan menyikat gigi saja, namun mengajak anak untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. 

Jika tidak, gigi si Kecil bisa saja rentan terhadap masalah-masalah yang akan muncul, seperti gigi berlubang atau lainnya. 

Untuk menghindari hal-hal tersebut, berikut adalah berbagai makanan untuk memperkuat gigi anak yang bisa orang tua berikan:

1. Sayuran

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung adalah makanan yang dianjurkan untuk menunjang kesehatan gigi. 

Sebab, sayuran berdaun hijau kaya akan kalsium yang dapat memperkuat email gigi, serta vitamin dan mineral lainnya yang membantu meningkatkan kesehatan rongga mulut.

Sayuran lain seperti wortel dan seledri yang mengandung banyak air juga tak kalah bagus. Secara mekanis, sayuran tersebut dapat membersihkan gigi dari plak yang menumpuk.

Artikel Lainnya: Makanan dan Minuman yang Sering Menjadi Penyebab Gigi Ngilu

2. Apel

Mengonsumsi buah apel bisa membantu mencegah gigi berlubang. Karena buah ini memiliki serat tinggi yang dapat menghilangkan plak dari permukaan gigi. 

Tak hanya itu, apel juga kaya akan vitamin dan mineral serta mudah dijadikan camilan bagi anak. Jadi, ajaklah anak untuk mengonsumsi buah apel secara rutin agar giginya selalu kuat. 

3. Susu dan Keju

Susu dan keju termasuk makanan yang bagus untuk memperkuat gigi anak. Ini berkat kandungan kalsium, kasein, dan fosfor di dalamnya.

Kalsium dapat memperkuat tulang di sekitar gigi anak dan membuatnya lebih tahan terhadap penyakit gigi. Nutrisi dalam produk susu juga mampu menetralkan sebagian asam yang dihasilkan oleh bakteri plak.

Keju yang berasal dari susu fermentasi juga merupakan sumber probiotik jika diolah dengan baik. Bakteri ini hidup di mulut anak dan akan membantu memperkuat gigi mereka.

4. Yoghurt

Siapa sangka, yoghurt juga termasuk makanan penguat gigi anak. 

Yoghurt mengandung bakteri probiotik alami, yang menurut beberapa penelitian dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan penumpukan plak dan radang gusi.

Yang perlu diingat, pastikan untuk memilih yoghurt rendah gula atau tanpa gula untuk anak. 

Artikel Lainnya: Cek, Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gusi

5. Telur

Telur merupakan sumber kalsium, protein, dan vitamin D. Perlu diketahui bahwa vitamin D merupakan nutrien penting untuk kesehatan mulut. 

Vitamin D dibutuhkan untuk membantu menyerap kalsium dan fosfat, yaitu mineral yang berperan dalam membangun dan melindungi gigi agar tetap sehat. Inilah mengapa konsumsi telur bagus untuk kesehatan gigi anak.

6. Ikan

Berbagai jenis ikan, seperti salmon dan tuna, adalah jenis makanan yang baik untuk memperkuat gigi anak.

Ikan memiliki kandungan vitamin D yang sangat penting dalam penyerapan kalsium. Tak hanya itu, konsumsi ikan juga dapat menyokong perkembangan otak anak. 

7. Vitamin C

Vitamin C sangat bermanfaat untuk gigi dan gusi anak. Vitamin ini mampu melawan bakteri di mulut, meningkatkan kesehatan gusi, dan mencegah peradangan.

Namun, sebagian buah dengan kandungan vitamin C memiliki tingkat asam yang cukup tinggi. Oleh karena itu, hindari menyikat gigi langsung setelahnya. Anak harus menunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat gigi.

8. Kacang dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian termasuk makanan penguat gigi anak. Mereka mengandung lemak alami yang akan melindungi gigi dari bakteri. 

Minyak di dalam biji-bijian juga dapat memperkuat email gigi. Alhasil, gigi lebih tahan terhadap kemungkinan kerusakan atau gigi berlubang.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Efeknya Buruk bagi Gigi

9. Air Putih

Air putih merupakan minuman terbaik untuk kesehatan tubuh dan juga gigi. Minuman ini memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang dapat membantu membangun kembali email gigi. 

Selain itu, mengonsumsi air putih yang cukup dapat membersihkan gigi dari plak dan bakteri serta meningkatkan air liur yang berfungsi untuk melawan bakteri dan menetralkan asam dalam rongga mulut. 

10. Permen Karet Bebas Gula

Mengunyah permen karet bebas gula bisa menjadi cara yang baik untuk menjaga kesehatan gigi anak. Tindakan mengunyah ini dapat merangsang kelenjar ludah.

Tak hanya itu, mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan kesehatan rongga mulut dengan menghilangkan sisa makanan dan plak serta memberikan kesegaran pada napas. 

Itulah beberapa contoh makanan untuk memperkuat gigi anak. Pastikan orang tua mendorong anak agar mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, ya. 

Jangan lupa pula untuk melakukan pembersihan gigi secara teratur dan pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali ke dokter gigi.

Yuk, selalu #JagaSehatmu dengan memperhatikan kondisi gigi dan mulut. Konsultasi kepada dokter gigi seputar masalah gigi dan mulut bisa dilakukan via Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[RS]

GigimakananAnak

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter