Sukses

Makanan yang Bisa Memperkuat Gigi Anak

Untuk membuat gigi anak sehat dan kuat, asupan makanan perlu di perhatikan. Cek di sini makanan apa saja yang baik untuk gigi

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang tua harus waspada jika anaknya menyukai makanan manis. Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan kerusakan pada gigi anak.

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mengajarkannya menyikat gigi secara teratur serta memberikan makanan bergizi. Dengan mendorong anak-anak mengonsumsi makanan yang baik untuk gigi, berarti Anda turut membantu giginya tetap sehat.

Berikut adalah makanan-makanan yang dapat membantu memperkuat gigi anak:

  1. Sayur dan buah

    Tawarkan sayur dan buah sebagai makanan ringan. Terutama sayur dan buah yang mengandung volume air yang tinggi, seperti pir, melon, seledri, dan timun.

    Batasi konsumsi pisang dan kismis karena mengandung gula konsentrat. Jika Anda menyajikan buah ini, ajaklah anak untuk menyikat gigi segera setelah makan.

  2. Susu dan produk turunannya

    Susu dan produk turunannya seperti keju dan yogurt adalah nutrisi yang kaya akan kalsium. Tidak hanya memperkuat mineral dalam tulang, tetapi juga membantu memperkuat email gigi.

    Produk susu membantu menaikkan pH di mulut dan mengurangi efek asam yang dihasilkan oleh plak gigi. Selain itu, tingkat pH yang meningkat dapat mencegah kerusakan gigi.

  3. Vitamin C

    Pastikan anak Anda tak kekurangan vitamin C. Vitamin ini dapat diperoleh dari stroberi, kiwi, sayuran hijau, lada, kentang, dan melon.

    Vitamin C mengurangi jumlah bakteri di mulut dan mencegah penyakit gusi. Namun, anak harus menunggu 30 menit untuk menyikat gigi setelah makan makanan atau minuman asam. Ini dikarenakan citric acid di dalam buah bisa secara sementara melemahkan email gigi.

  4. Kacang dan biji-bijian

    Kacang dan biji-bijian mengandung lemak alami yang akan melingkupi gigi dan melindunginya dari bakteri. Minyak di dalam biji-bijian akan memperkuat email seingga membuat gigi lebih tahan terhadap kemungkinan berlubang.

    Kebanyakan biji-bijian juga mengandung kalsium. Anak di atas usia 4 tahun bisa memakannya sebagai camilan.

Gigi yang sehat dapat mendukung kesehatan anak. Karena itu, pastikan Anda selalu mendorong anak untuk mengonsumsi makanan bergizi. Serta bawalah mereka untuk melakukan pemeriksaan rutin gigi di dokter.

Baca artikel sejenis lainnya di sini 

[RS/ RVS]

 

1 Komentar