Sukses

Kenali Tanda Anak Kurang Gizi

Kurang gizi dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak. Kenali tandanya dan hindari sekarang juga.

Klikdokter.com, Jakarta Kurang gizi adalah salah satu penyebab terhambatnya tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, setiap orang tua wajib mengetahui tanda-tanda anak yang mengalami kondisi ini.

Apa saja tanda-tanda anak kurang gizi?

  1. Mudah sakit

    Anak yang kurang gizi mudah terserang penyakit, seperti batuk dan pilek. Hal ini karena daya tahan tubuh anak yang kurang baik.

    Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin anak mudah sakit, pastikan Anda selalu memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Dengan demikian, anak tidak akan mudah terkena atau tertular penyakit, meski berada di lingkungan yang kurang kondusif.

  2. Rambut dan kulit kering

    Kekurangan vitamin A, D, E, dan K dapat membuat rambut dan kulit anak menjadi kering. Karena itu, pastikan Anda tidak luput untuk menambahkan asupan vitamin dan mineral pada makanan anak sehari-hari.

  3. Terlambat bicara

    Masalah terlambat bicara sering dikaitkan dengan keturunan. Padahal, kondisi ini lebih disebabkan oleh kekurangan vitamin B12. Anda tentu tidak mau jika si Kecil terlambat bicara, bukan? Karena itu, berikan makanan tinggi vitamin B12 seperti sapi, ayam, ikan, produk susu dan telur.

  4. Hiperaktif

    Anak yang hiperaktif biasanya memiliki sistem pencernaan yang kurang baik. Karena itu, bukan tidak mungkin jika ia kekurangan gizi. Nah, agar ia tidak kurang gizi, hindari memberikan anak makanan siap saji. Sebaliknya, berikanlah makanan yang sehat untuk pencernaan seperti pepaya dan yogurt.

  5. Gigi berlubang

    Anak yang kurang gizi lebih rentan mengalami gigi berlubang. Sebab kesehatan tulang dan gigi sangat dipengaruhi oleh kecukupan kalsium dan vitamin larut lemak.

Demikian tanda-tanda anak kurang gizi. Jika Anda menemukan kondisi di atas pada si Kecil, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar