Sukses

4 Cara Praktis yang Efektif untuk Meredam Emosi

Jangan sampai diri Anda dikendalikan oleh emosi. Redam dengan cara ini!

Klikdokter.com, Jakarta Emosi adalah ‘kekuatan’ yang dimiliki setiap oleh manusia. ‘Kekuatan’ ini sangat perlu untuk dikendalikan, agar tidak menguasai dan memanipulasi diri Anda.

Secara harfiah, emosi merupakan reaksi terhadap suatu kejadian. Meski terlihat sepele, emosi bisa membawa seseorang pada pengambilan keputusan yang kurang tepat, dimana hal ini cenderung memicu penyesalan tiada henti.

Agar Anda tidak dikuasai oleh emosi, berikut 4 cara praktis nan efektif untuk meredamnya:

  1. Tahan, jangan langsung bereaksi

    Bereaksi langsung dengan hal-hal yang memicu emosi merupakan sebuah kesalahan.

    Tahan diri Anda, ambil napas dalam-dalam. Lakukan selama 5 menit hingga otot dan detak jantung kembali normal. Saat Anda menjadi lebih tenang, barulah berpikir apa yang sebaiknya dilakukan selanjutnya. Kendalikan emosi. Jangan sampai emosi yang malah mengendalikan diri Anda!

  2. Mendekatkan diri dengan Sang Pencipta

    Menjalin hubungan baik dengan Sang Pencipta membuat Anda lebih mudah untuk menghadapi setiap hambatan. Tutup mata Anda, bayangkan hal-hal positif terkait masalah Anda, dan berdoalah kepada Tuhan agar diberikan solusi terbaik.

  3. Salurkan

    Jangan pendam emosi. Setelah berhasil mengelolanya, Anda harus melepaskan emosi dengan bercerita pada orang yang dipercaya.

    Menelepon atau bercerita langsung pada keluarga, kerabat, atau sahabat dekat tentang kejadian yang Anda alami. Dengarkan pendapat mereka dengan hati terbuka dan pikiran yang dingin. Dengan begini, Anda akan terbebas dari sentimen negatif.

  4. Maafkan dan biarkan berlalu

    Teman, anggota keluarga, atau bahkan diri Anda sendiri bisa menjadi sumber emosi. Jangan terpancing, maafkan, dan biarkan berlalu. Dengan ini, perasaan benci, cemburu atau marah tidak akan menguasai diri Anda.

Ingatlah bahwa mengumbar emosi bisa menuntun seseorang pada keadaan merugi. Karena itu, kendalikan emosi. Jangan biarkan emosi yang justru mengendalikan diri Anda. Baca juga artikel lainnya di sini

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar