Sukses

Khasiat Ajaib Biji Labu Kuning bagi Kesehatan

Di balik ukurannya yang mungil, manfaat biji labu kuning sangatlah besar. Mulai dari untuk mencegah penuaan dini sampai menyehatkan jantung. Yuk, simak manfaat lainnya!

Labu kuning adalah tumbuhan yang biasa diolah menjadi sayur, atau sebagai bahan dasar membuat kue. Tidak hanya buahnya, biji labu kuning ternyata juga sangat berharga! Apa saja manfaat biji labu kuning untuk kesehatan tubuh? 

Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture (USDA), setiap dua sendok makan biji labu kuning (sekitar 28 gram) mengandung 163 kalori, 4 gram karbohidrat, 8 gram protein, dan 8 persen kebutuhan zat besi sehari-hari. Biji labu juga merupakan sumber magnesium, seng, tembaga, dan selenium yang baik.

Tidak main-main, manfaat biji labu kuning untuk kesehatan telah terlihat dari penelitian-penelitian kedokteran. Di bawah ini adalah 10 khasiat ajaib dari biji labu kuning: 

1 dari 5 halaman

1. Menangkal Radikal Bebas

Biji labu kuning kaya akan fitoestrogen, yang bermanfaat sebagai antioksidan yang hebat. Komponen fitoestrogen biji labu kuning adalah secoisolariciresinol dan lariciresinol. Kemampuan menangkal radikal bebas ini juga ditunjang oleh tingginya kandungan vitamin E pada biji labu kuning.

2. Mencegah Hiperlipidemia

Berdasarkan sebuah jurnal, fitoestrogen yang terkandung dalam biji labu kuning juga bermanfaat untuk mencegah hiperlipidemia (kadar lemak tinggi dalam darah). Selain itu, biji labu kuning juga kaya akan kadar lemak tidak jenuh, yang tentunya baik untuk kesehatan. 

Artikel lainnya: Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan Anak

3. Mencegah Penuaan Dini

Ini adalah salah satu manfaat biji labu kuning untuk kecantikan. Bila Anda ingin mencegah penuaan dini, mengonsumsi biji labu kuning bisa menjadi salah satu triknya. Hal ini dikarenakan biji labu kuning kaya akan kandungan vitamin E, seperti alfa-tokoferol dan gamma-tokoferol, yang merupakan antioksidan super.

Vitamin E yang terdapat pada biji labu kuning bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi. Untuk itu, kandungan-kandungan ini menjaga sel agar tidak cepat rusak dan mencegah penuaan dini.

2 dari 5 halaman

4. Mengurangi Cemas Saat Stres

Biji labu kuning mengandung konsentrasi triptofan asam amino yang tinggi. Kandungan ini dapat menjadi obat penenang alami, yang membantu menurunkan kecemasan saat Anda stres.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Rutin mengonsumsi biji labu kuning dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan sel imun tubuh memperoleh manfaat dari kandungan antioksidan dalam biji labu kuning.

6. Baik untuk Kesehatan Hati dan Jantung

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa omega-3 pada biji labu kuning dapat menurunkan risiko trombosis dan aritmia, yang menyebabkan serangan jantung, stroke, dan kematian jantung mendadak.

Selain itu, omega-3 pada biji labu kuning juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, mengurangi plak pada dinding arteri, serta memperbaiki fungsi endotel (ukuran kesehatan peredaran darah).

Artikel lainnya: Benarkah Sayuran Organik Lebih Sehat?

3 dari 5 halaman

7. Mencegah Osteoporosis pada Wanita Menopause

Fitoestrogen yang terdapat pada biji labu kuning memiliki efek menyerupai hormon estrogen yang ada di tubuh manusia. Oleh sebab itu, salah satu manfaat labu kuning adalah mampu mencegah osteoporosis pada wanita yang telah menopause.

8. Membantu Mencegah Kanker

Biji labu kuning juga berpotensi sebagai pencegah kanker. Fitoestrogen pada biji labu kuning mampu menekan hormon yang berkaitan dengan terjadinya tumor, sehingga menurunkan risiko berkembangnya kanker.

9. Memiliki Efek Antiperadangan

Manfaat biji labu kuning yang berikutnya adalah menurunkan peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji labu kuning bisa berguna sebagai terapi tambahan dalam penyakit-penyakit akibat peradangan, salah satunya artritis.

4 dari 5 halaman

10. Potensi dalam Membantu Penyembuhan Beberapa Penyakit

Serangkaian penelitian menunjukkan manfaat labu kuning untuk penyakit, seperti diabetes, hipertensi, penyakit batu empedu, pembesaran prostat, dan lain-lain. 

Tentunya manfaat-manfaat ini harus dibuktikan lebih lanjut sebelum dijadikan pedoman untuk pengobatan kondisi tersebut. Namun, hal ini menunjukkan potensi biji labu kuning yang sangat luas.

Ternyata, manfaat biji labu kuning sangat banyak. Siapa sangka, biji labu kuning yang seringkali disisihkan dan dibuang ini justru mengandung potensi manfaat kesehatan yang sangat beragam. Kedepannya, diharapkan semakin banyak penelitian kedokteran yang dapat mengungkap kegunaan dari biji labu kuning. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat mengonsumsi biji labu kuning kupas yang disangrai (goreng tanpa minyak). Selain dari bijinya, Anda juga bisa mendapatkan manfaat sehat dengan mengonsumsi buah labu kuning secara langsung. Selamat mencoba!

Ingin tanya lebih lanjut seputar manfaat biji labu kuning untuk kesehatan? Tanyakan langsung melalui fitur Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter!

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar