Sukses

Lakukan Aktivitas Sehat Ini sebagai Pengganti Olahraga

Jadwal Anda terlalu padat hingga tak sempat olahraga? Atau Anda kurang suka olahraga tradisional? Agar tubuh tetap bugar, Anda dapat melakukan aktivitas sehat ini sebagai pengganti olahraga.

Meningkatkan kesehatan tubuh tidak selalu harus melalui olahraga seperti berlari, sepak bola, dan lainnya. Kegiatan seperti menari dan mendaki gunung juga dapat membuat tubuh tetap aktif dan bugar.

Apa saja aktivitas sehat selain berolahraga yang dapat menjadi pilihan? Mari simak selengkapnya dalam artikel ini.

 

1 dari 2 halaman

Aktivitas Sehat Pengganti Olahraga

Terdapat beberapa alasan yang membuat orang jarang berolahraga. Misal, jadwal harian yang terlalu padat atau mungkin kurang menyukai olahraga tradisional. Jangan khawatir, agar tubuh tetap bugar, berikut beberapa kegiatan pengganti olahraga yang dapat Anda coba:

1. Menari

Menari tidak sekadar aktivitas rekreasional, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan fisik, mental dan sosial. Menari tidak membutuhkan tempat khusus atau peralatan khusus, bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Anda hanya membutuhkan diri Anda sendiri untuk melakukannya.

Artikel Lainnya: Yuk, Lebih Sehat dengan Menari

Selain dapat meningkatkan kemampuan kardiovaskular, menari juga dapat mempertajam ingatan. Menurut penelitian di Colorado State University, orang yang aktif menari cenderung mengalami penurunan ingatan lebih lambat. Tidak hanya itu, menari juga dapat melepaskan stres dan mencegah depresi.

2. Mendaki Gunung

Kegiatan pengganti olahraga lain yang dapat Anda coba adalah mendaki gunung. Mendaki gunung merupakan aktivitas fisik yang memiliki banyak manfaat.

Selain Anda bisa menikmati pemandangan, rutin mendaki gunung juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, mengontrol tekanan darah dan gula darah, dan meningkatkan kepadatan tulang.

3. Berjalan Kaki

Jika Anda tidak suka berlari atau tidak dapat berlari karena cedera, jangan paksakan untuk berlari. Pilihlah aktivitas jalan kaki. Faktanya, jalan kaki yang dilakukan selama 30 menit dalam sehari mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan stroke.

4. Berdiri di Siang Hari

Selain berolahraga, tubuh yang sehat juga dapat diperoleh dengan aktivitas sederhana seperti berdiri di siang hari. Gerakan pengganti olahraga ini dapat Anda terapkan untuk melawan budaya duduk dalam waktu yang lama.

Artikel Lainnya: Berdiri Lebih Lama Bisa Menurunkan Berat Badan?

Duduk selama lima jam atau lebih sama dengan merokok 1,25 bungkus. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba bekerja di meja berdiri (standing desk) atau jalan-jalan selama sepuluh menit setiap duduk tiga jam.

5. Minum Air Putih

Tubuh kita terdiri dari sekitar 60 hingga 70 persen air. Pada siang hari, air hilang melalui olahraga, keringat, dan bahkan pernapasan. Kebutuhan air yang cukup berguna untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh.

Usahakan agar Anda cukup minum setiap harinya. Sediakan sebotol air di meja Anda. Anda juga dapat menggunakan aplikasi di telepon genggam untuk memonitor asupan air atau menggunakan teknologi lain untuk mengingatkan Anda untuk mempertahankan asupan cairan.

6. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga juga dapat menjadi aktivitas sehat. Apalagi untuk Anda yang terlalu sibuk hingga tak sempat berolahraga.

Berjalan naik turun tangga berguna sebagai latihan kardio. Anda bisa melakukannya berulang kali untuk latihan yang lebih intens. Mulailah secara perlahan, kemudian tingkatkan saat Anda merasa lebih kuat.

Artikel Lainnya: Camilan Sehat yang Bisa Dikonsumsi saat di Kantor

7. Berkebun

Berkebun merupakan salah satu jenis aktivitas fisik aerobik yang bermanfaat bagi tubuh. Tanpa disadari, berkebun dengan durasi cukup lama dapat membakar kalori dalam jumlah yang relatif tinggi.

Dalam satu jam berkebun, kalori yang mampu dibakar mencapai 300 kalori. Aktivitas ini setara dengan berenang santai atau bersepeda.

8. Bermain dengan Keluarga

Kebiasaan inilah yang paling tanpa disadari memberikan manfaat yang tak pernah kita bayangkan. Selain dapat memperbaiki suasana hati, olahraga bersama keluarga juga dapat membakar puluhan bahkan ratusan kalori.

Anda dapat melakukan permainan seperti bermain petak umpet, trampolin, kejar-kejaran, lempar tangkap dengan anjing, dan masih banyak lagi. Bagi seseorang yang tidak menyukai olahraga, aktivitas sehat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan organ vital lainnya.

Yuk, mulai lakukan aktivitas sehat di atas sehingga tubuh akan terjaga kebugarannya. Agar manfaatnya lebih maksimal, sebaiknya juga disertai dengan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, menghindari stres, dan istirahat cukup. Selamat mencoba!

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar