HomeInfo SehatKesehatan UmumBadan Sering Lemas? Kenali Penyebabnya
Kesehatan Umum

Badan Sering Lemas? Kenali Penyebabnya

dr. Theresia Rina Yunita, 10 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sering kurang bersemangat karena badan lemas? Hati-hati, bisa jadi ada masalah kesehatan yang mengintai Anda.

Badan Sering Lemas?  Kenali Penyebabnya

Badan lemas kerap kali menjadi kendala dalam melakukan aktivitas. Tentunya saat badan lemas, Anda jadi kurang bersemangat untuk bekerja, belajar, bahkan sekadar melakukan hobi.

Penyebab badan lemas bermacam-macam, mulai dari yang sepele hingga berbahaya. Karena itu, jika badan sering lemas, cobalah untuk mengenali faktor pemicunya. Berikut adalah enam penyebab badan lemas:

  1. Kurang mengonsumsi makanan bergizi

    Perhatikan menu makanan Anda sehari-hari. Apakah bergizi seimbang atau malah kebanyakan lemak trans?Nutrisi yang seimbang sangat penting sebagai sumber energi bagi tubuh. Energi ini digunakan untuk menjalankan fungsi sel-sel dalam tubuh. Ketika tidak ada sumber energi maka tubuh akan terasa lemas.
  2. Kurang darah (anemia)

    Anemia merupakan kondisi ketika hemoglobin dalam tubuh lebih rendah dari nilai normal. Hemoglobin berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk menjalankan fungsi sel-sel. Ketika tidak ada pasokan oksigen maka tubuh kehilangan energinya sehingga menjadi lemas. Kondisi ini juga dapat terjadi pada mereka yang mengalami perdarahan hebat. Misalnya, saat operasi besar, melahirkan, atau kecelakaan.
  3. Tekanan darah rendah

    Berbeda dengan kurang darah, tekanan darah rendah diukur dengan menggunakan alat tensimeter. Tekanan darah normal berkisar anrara 110–120 per 70–80 mmHg.Jika tekanan darah terlalu rendah, tubuh pun akan ikut lemas. Bila kondisi ini dibiarkan dapat menyebabkan syok hingga berujung pada kematian.
  4. Dehidrasi

    Kurangnya asupan cairan menyebabkan Anda dehidrasi. Kondisi ini sering menyebabkan badan lemas, bahkan hingga pingsan.Jika dibiarkan, hal ini tentunya dapat mengancam nyawa. Segeralah konsumsi air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.
  5. Gangguan elektrolit tubuh

    Gangguan elektrolit sering terjadi saat mengalami diare atau muntah-muntah. Selain menyebabkan badan lemas, kondisi ini juga dapat menimbulkan kejang dan gangguan irama jantung.
  6. Gangguan tiroid

    Tiroid berfungsi mengendalikan metabolisme tubuh dan mengatur kecepatan tubuh mengubah makanan menjadi energi. Ketika kelenjar ini tidak berfungsi dengan baik dan fungsi-fungsi metabolisme berjalan lambat, Anda mungkin akan merasa lemas.

Jadi, badan lemas dapat menandakan berbagai kondisi medis. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah mencari tahu penyebab serta segera mengatasinya agar terhindar dari bahaya yang mengintai.

[RS/ RVS]

Penyebab Badan LemasBadan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait