Sukses

Kenali Tanda-tanda Orang Mengidap HIV

Hingga saat ini, belum ada obat yang mampu menyembuhkan HIV. Angka penderita juga terus bertambah. Apa sajakah tanda orang mengidap HIV?

Klikdokter.com, Jakarta HIV masih menjadi isu kesehatan di seluruh dunia dan terus menyebar tanpa memandang usia. Pasalnya, virus ini menyerang sistem kekebalan imun seseorang sehingga mereka yang berdaya tahan tubuh rendah sangat rentan untuk terinfeksi.

Virus HIV menyebar melalui cairan darah, air susu ibu, cairan sperma dan vagina. Bukan melalui sentuhan tangan, ciuman, pelukan, atau berbagi makanan. Meski demikian, penting untuk mengetahui gejala awal HIV agar segera dapat ditangani.

Gejala yang timbul pada penderita HIV berbeda-beda tergantung tingkatan keparahannya. Namun, berikut tujuh gejala yang dapat menjadi tanda awal seseorang mengidap HIV:

  1. Demam. Peningkatan suhu tubuh yang berlangsung lebih dari 1 bulan, tetapi tidak jelas sumber infeksi dalam tubuh.
  2. Batuk pilek atau sakit tenggorokan. Sering mengalami sakit tenggorokan atau sakit saat menelan.
  3. Lemas, sering lelah. Selalu merasa tidak bertenaga saat menjalani kegiatan sehari-hari.
  4. Pembesaran kelenjar getah bening. Adanya tanda infeksi dalam tubuh, seperti pembengkakan pada kelenjar getah bening.
  5. Infeksi mulut. Mulut kotor seperti sariawan atau sering terlihat seperti bercak putih dikarenakan adanya infeksi jamur pada rongga mulut. Kondisi ini dapat mengurangi nafsu makan.
  6. Diare kronis. Buang air besar cair berlangsung lebih dari 2 minggu tanpa sebab yang jelas.
  7. Penurunan berat badan berlebihan. Berat badan turun sekitar 10% dari berat badan normal tanpa gejala yang khas.

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Jika Anda memiliki gejala tersebut, tak ada salahnya memeriksakan diri agar dapat segera ditangani.

Perlu diketahui juga, Anda tidak perlu takut dengan penderita HIV. Virus HIV tidak menular melalui sentuhan tangan ataupun berbagi makanan.

Selain itu, meski belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini 100%, pengidap HIV tetap bisa panjang umur bahkan hingga puluhan tahun. Ini berkat obat antivirus yang dapat menghambat perkembangan virus HIV di dalam tubuh. Sehingga, pengidap HIV tetap dapat beraktivitas layaknya orang normal.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar