Sukses

Otot Kaku Saat Bangun Tidur? Ini Solusinya

Apakah Anda kerap merasakan otot kaku saat bangun tidur? Bagaimana cara mengatasinya? Cek solusinya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Selama bulan puasa, umat Muslim selalu bangun jauh lebih awal untuk melakukan sahur. Ini bukanlah perkara mudah. Tak jarang keluhan otot kaku muncul menyertai santap sahur.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan otot kaku saat bangun tidur. Tapi bukan berarti tak bisa diatasi. Berikut beberapa cara mengatasi sesuai penyebabnya:

  1. Kurang melakukan peregangan otot

    Otot kaku paling sering terjadi pada bagian leher, pinggang, betis, dan telapak kaki. Kondisi ini terjadi karena Anda kurang melakukan peregangan otot.

    Sebagai jalan keluarnya, Anda disarankan untuk melakukan peregangan otot sebelum tidur. Tindakan ini terbukti dapat mengurangi otot kaku di malam dan pagi hari setelah bangun tidur secara signifikan.

    Peregangan dapat dilakukan pada seluruh kelompok otot dengan menarik otot hingga teregang maksimal. Durasi yang dianjurkan adalah 10 detik dan diulang sebanyak 3 kali.

  2. Kurang berolahraga

    Orang yang jarang berolahraga cenderung mengalami otot kaku dan nyeri otot saat bangun tidur.

    Nah, agar Anda terhindar dari keluhan tersebut, lakukan olahraga jogging, bersepeda, atau berenang. Anda bisa berolahraga di pagi hari, atau menjelang buka puasa. Durasi yang dianjurkan adalah 3–4 jam dalam 1 minggu.

  3. Kurang elektrolit dan kalsium

    Puasa kerap membuat orang yang menjalankannya dehidrasi. Saat kondisi ini terjadi, massa tubuh, volume darah, dan plasma darah menjadi berkurang, sehingga nutrisi untuk otot pun menjadi berkurang. Akibatnya, timbullah keluhan otot kaku, yang biasanya disertai nyeri otot.

    Agar terhindar dari kejadian di atas, pastikan Anda minum 8 gelas air sehari. Selain itu, pastikan juga menu sahur dan berbuka Anda terdiri dari berbagai makanan bergizi seimbang.

  4. Alas tidur yang kurang tepat

    Alas tidur yang tidak tepat membuat titik tumpuan beban tubuh saat tidur menjadi tidak beraturan. Hal ini dapat menimbulkan otot kaku maupun nyeri otot di malam hari, dan saat bangun tidur.

Solusinya, pastikan alas tidur yang Anda gunakan tidak terlalu keras atau terlalu empuk, sehingga bisa menopang tubuh dengan optimal.

Dengan mengetahui penyebab dan solusi dari otot kaku saat bangun tidur, Anda tentu tak perlu cemas lagi menjalani hari-hari puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar