Sukses

Cara Ampuh Kurangi Rasa Cemas Berlebihan

Rasa cemas wajar Anda alami ketika dihadapkan pada situasi tertentu. Namun jika berlebih, tentu bisa mengganggu kehidupan Anda sehari-hari.

Klikdokter.com, Jakarta Ujian kuliah, wawancara kerja, atau pergi ke tempat baru sering kali menimbulkan rasa cemas. Hal ini wajar jika Anda belum pernah melakukan sebelumnya atau kurang persiapan.

Namun jika berlebihan, rasa cemas tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya

  • Ingatlah bahwa ini akan terlewati

    Tagihan belum terbayar, bos meminta laporan segera, anak terserang sakit. Anda cemas ketika menghadapi situasi tersebut? Perasaan khawatir, gugup, perut yang tidak enak umumnya dialami ketika Anda merasakan cemas.

    Cara pertama untuk menghindari pikiran negatif adalah sugesti pada diri Anda bahwa ini semua akan berakhir dan terlewati. Dunia tidak akan runtuh ketika Anda berada pada situasi tersebut.

  • Tenangkan diri

    Saat cemas menyerang, coba bayangkan Anda sedang berjalan santai di tengah segarnya udara pegunungan atau di tepi pantai. Hal ini bisa membuat Anda lebih tenang sejenak.

    Metode sederhana lain yang bisa Anda lakukan adalah menarik napas panjang. Tarik napas pelan dan dalam melalui hidung selama 5–7 detik. Tahan selama 3–4 detik. Kemudian, embuskan lagi melalui mulut (seperti ketika Anda hendak bersiul) selama 7–9 detik. Ulangi hingga 10–20 kali.

  • Berolahraga

    Berolahraga rutin telah terbukti dapat mengurangi rasa cemas, meningkatkan mood, dan menambah rasa percaya diri. Saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan endorfin yang membuat Anda lebih bahagia. Bahkan, American Psychiatric Association telah mengubah panduan penanganan depresi berat. Salah satu yang dianjurkan adalah dengan berolahraga rutin.

  • Curhat dengan orang lain

    Salah satu kiat manjur untuk mengurangi cemas adalah berbicara kepada orang yang Anda sayang dan percaya. Ceritakan hal-hal yang membuat Anda cemas dan sampaikan apa yang dirasakan. Dukungan positif dari orang lain akan mengurangi rasa cemas serta meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Rasa cemas datang dari pikiran Anda sendiri. Karena itu, selalu tanamkan hal-hal yang baik dalam pikiran, kelilingi diri Anda dengan orang-orang positif, dan tentu saja selalu bahagia!

Baca artikel lengkapnya disini

[RS/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar