Kesehatan Umum

Benarkah Badan Lemas Akibat Adanya Penyakit?

dr. Ellen Theodora, 04 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Badan lemas kerap dikaitkan dengan adanya suatu penyakit. Benarkah selalu demikian?

Benarkah Badan Lemas Akibat Adanya Penyakit?

Badan lemas digambarkan dengan kondisi kurang tenaga. Ini kerap dihubungkan dengan adanya suatu penyakit. Lalu apa kata medis?

Badan lemas merupakan sebuah kondisi yang terjadi akibat adanya suatu hal yang mendasari. Beberapa kemungkinan penyebab badan lemas antara lain:

  1. Gaya hidup sehari-hari. Pola hidup yang kurang teratur, seperti tidur larut malam, konsumsi terlalu banyak kafein atau alkohol, dapat menyebabkan kondisi badan lemas.
  2. Gizi tidak seimbang. Mengonsumsi makanan dengan gizi kurang seimbang dapat menyebabkan gangguan mineral tubuh. Begitu pula dengan kekurangan cairan atau dehidrasi, karena kurang minum. Semua ini dapat menyebabkan badan menjadi lemas.
  3. Kelelahan. Aktivitas fisik memang baik untuk kesehatan. Namun jika dilakukan secara berlebihan, hal ini justru membuat Anda mengalami badan lemas.
  4. Jenuh. Rasa bosan dalam menjalani hidup membuat seseorang kehilangan motivasi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Akibatnya, kondisi badan pun menjadi lemas.
  5. Kehamilan. Hamil dan masa nifas (setelah melahirkan) dapat menimbulkan keluhan badan lemas, karena adanya perubahan hormon dan emosi.
  6. Tekanan emosi. Stres, sedih, tekanan kerja, dan masalah keluarga dapat berujung pada kondisi badan lemas. Akibatnya seseorang tidak semangat menjalani kegiatan sehari-hari.

Penjelasan di atas membuktikan bahwa badan lemas tidak selalu disebabkan oleh penyakit. Namun Anda harus tetap waspada, karena keluhan badan lemas yang tidak segera diatasi bisa menimbulkan keluhan-keluhan baru.

[NB/ RVS]

LemasKurang BertenagaTidak Ada TenagaBadan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait