Sukses

Baca Ini Sebelum Cuci Tangan Pakai Hand Sanitizer

Selain air mengalir dan sabun, cuci tangan pakai hand sanitizer juga dapat mencegah paparan kuman dan bakteri berbahaya.

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga kebersihan tangan adalah modal utama untuk mencegah penyebaran penyakit infeksi. Selain dengan air mengalir dan sabun, hand sanitizer juga bisa dijadikan alternatif untuk menjaga kebersihan tangan.

Faktanya, penyakit dapat ditularkan melalui banyak cara, salah satunya melalui tangan Anda. Ini karena tangan merupakan media yang baik bagi kuman atau mikroorganisme berbahaya untuk masuk ke dalam saluran pencernaan atau mukosa mata.

Atas alasan tersebut, Anda dianjurkan untuk rajin mencuci tangan. Terutama setelah melakukan berbagai kegiatan, seperti sehabis dari kamar mandi, sebelum makan, dan setelah berkontak dengan orang yang sakit.

Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun tetap merupakan cara paling efektif untuk mengurangi jumlah kuman di tangan Anda. Namun jika di sekitar Anda tidak ada air mengalir dan sabun, hand sanitizer bisa dijadikan alternatifnya. Hand sanitizer dapat membunuh kuman penyebab penyakit dengan efektif.

Kiat menggunakan hand sanitizer

Jika Anda hendak mencuci tangan menggunakan hand sanitizer, pastikan Anda menggunakan pembersih yang berbasis alkohol dengan kandungan minimal 60%. Penggunaan hand sanitizer yang seperti ini dapat membantu menurunkan jumlah bakteri berbahaya di tangan Anda.

Namun perlu Anda ingat, hand sanitizer tidak mampu membersihkan kotoran pada tangan yang terlalu kotor. Di samping itu, produk ini juga rawan tertelan oleh anak di bawah umur, dan menyebabkan iritasi saluran pencernaan atau keracunan alkohol.

Jadi, apakah Anda sudah cuci tangan hari ini? Jika belum, cucilah sekarang dengan air bersih mengalir dan sabun, atau dengan hand sanitizer. Dengan begitu, Anda akan terlindung dari risiko penyakit akibat kuman atau bakteri berbahaya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar