Sukses

Baca Ini Sebelum Memberikan Pasta Gigi Fluoride pada Anak

Pasta gigi flouride mencegah pembentukan karies gigi. Namun, pasta gigi tidak boleh digunakan sembarangan pada anak.

Klikdokter.com, Jakarta Pasta gigi fluoride sangat dianjurkan untuk digunakan. Karena fluoride membuat lapisan enamel gigi lebih kuat. Tapi pada anak-anak, pasta gigi seperti ini tidak boleh digunakan sembarangan!

Faktanya, American Dental Association mengimbau para orangtua untuk membersihkan gigi anak sejak gigi pertamanya tumbuh. Ini disesuaikan dengan usia sang anak, sebagai berikut:

  • Usia 0–2 Tahun

    Anak usia 0–2 tahun disarankan untuk menyikat gigi menggunakan air saja. Atau, Anda bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter gigi untuk pemberian pasta gigi fluoride. Biasanya, ukuran pasta gigi flouride yang dianjurkan untuk anak usia ini adalah sebesar biji gandum.
  • Usia 3–6 Tahun

    Anak usia 3–6 tahun disarankan untuk menggunakan pasta gigi fluoride khusus untuk anak-anak. Saat digunakan, pasta gigi tidak boleh lebih dari ukuran biji kacang polong.

Di samping itu, anak juga harus menyikat gigi paling tidak 2 kali sehari, saat pagi dan malam hari.

Pemberian pasta gigi fluoride pada anak harus benar-benar diperhatikan oleh orang tua atau pendamping. Sebab, fluoride yang tertelan bisa menyebabkan fluorosis atau bercak berwarna putih di permukaan gigi tetap.

Anak yang sampai usia 6 tahun menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride terbukti memiliki karies gigi lebih sedikit. Hal yang penting diperhatikan agar anak benar-benar terhindar dari risiko fluorosis adalah banyaknya pasta gigi yang digunakan.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar