Sukses

Panduan Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Penyakit Hati

Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit hati. Karena itu, menjaga kesehatan organ hati penting untuk dilakukan.

Hati adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Fungsi utama hati meliputi produksi empedu, mendukung pembekuan darah hingga sistem imun tubuh.

Fungsi tersebut dapat terganggu akibat berbagai kondisi atau penyakit tertentu. Karena itu, penting untuk selalu melakukan gaya hidup sehat demi menjaga kesehatan hati Anda. Apa saja gaya hidup sehat yang perlu diterapkan?

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Munculnya Penyakit Hati

Ada beberapa penyebab penyakit hati yang harus diwaspadai, antara lain:

  • Virus Hepatitis

Penyebab penyakit hati yang paling umum adalah virus hepatitis. Hepatitis adalah peradangan yang terjadi pada hati.

Jenis-jenis hepatitis yang disebabkan oleh infeksi virus adalah hepatitis A, B, C, dan D. Cara penularannya berbeda-beda. Virus hepatitis A ditularkan melalui feses, air, dan makanan yang terkontaminasi virus tersebut.

Artikel lainnya: Ini Pentingnya Vaksin Hepatitis A untuk Anak dan Orang Dewasa

Sementara hepatitis B dan C ditularkan melalui darah dan cairan tubuh. Dengan demikian, hepatitis B dapat menular melalui hubungan seksual atau dari ibu hamil ke bayi yang dikandungnya.

Namun, untuk hepatitis C lebih besar kemungkinan tertularnya akibat pemakaian jarum suntik bergantian atau pembuatan tato dengan jarum tidak steril.

Infeksi virus hepatitis B dan C ini dapat menyebabkan pembentukan jaringan ikat pada hati yang dikenal sebagai sirosis. Jika sudah sampai sirosis, maka gangguan pada hati dapat berlangsung lama dan tidak bisa kembali normal.

  • Fatty Liver (Perlemakan Hati)

Obesitas atau penyalahgunaan alkohol dapat mengakibatkan terjadinya perlemakan hati. Pada kondisi ini, sel lemak menumpuk pada hati dan menyebabkan peradangan. Hal tersebut lama kelamaan akan meninggalkan jaringan parut dan dapat menyebabkan gagal hati.

  • Gangguan pada Empedu

Salah satu fungsi hati adalah memproduksi cairan empedu. Hati memiliki saluran ke kantong empedu. Apabila saluran ini tersumbat, misalnya oleh batu, maka akan menyebabkan aliran empedu tersumbat dan juga kerusakan pada sel hati.

Artikel lainnya: Apa Benar Kunyit Bisa Mengobati Kanker Hati?

  • Kanker Hati

Jenis kanker hati yang paling umum terjadi, yaitu karsinoma hepatoseluler dan kolangiokarsinoma. Keduanya merupakan penyebab kematian karena kanker tersering nomor dua. Faktor risiko utamanya adalah alkohol dan obesitas.

  • Parasit

Parasit yang dapat menyebabkan gangguan pada hati, yaitu jenis Entamoeba histolytica. Sebenarnya penyakit ini terjadi di usus besar. Namun jika tidak mendapatkan pengobatan yang sesuai, akan sampai pada hati dan menyebabkan abses hati.

Berbagai faktor penyebab penyakit hati tersebut dapat Anda cegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Apa saja? Simak lebih lanjut di bawah, ya.

2 dari 3 halaman

Gaya Hidup Sehat yang Bisa Cegah Penyakit Hati

Ada cara mudah untuk menjaga kesehatan hati agar terbebas dari penyakit hati. Salah satunya dengan menghentikan kebiasaan buruk Anda sehari-hari.

Berikut panduan gaya hidup sehat sebagai cara mencegah penyakit hati:

1. Jaga Pola Makan

Salah satu penyebab perlemakan hati adalah pola makan yang tidak sehat. Makanan yang digoreng dengan kalori yang tinggi berpotensi meningkatkan kadar salah satu jenis kolesterol, yaitu trigliserida.

Selain itu, makanan tinggi kalori seperti makanan cepat saji berpotensi meningkatkan berat badan. Hindari juga konsumsi alkohol secara berlebihan. Alkohol merupakan salah satu penyebab perlemakan hati yang berpotensi menyebabkan kerusakan hati lebih lanjut.

Artikel lainnya: Hati-Hati, Deretan Obat Herbal Ini Bisa Picu Penyakit Hati

2. Awasi Berat Badan

Cara mencegah penyakit hati lainnya adalah dengan mengontrol berat badan. Anda dapat berolahraga secara rutin untuk menurunkan berat badan. Jenis olahraga yang bisa dipilih, antara lain lari, berenang, atau bersepeda.

Tak hanya itu, olahraga sebanyak 3-5 kali seminggu merupakan cara baik untuk menurunkan risiko perlemakan hati.

3. Tangani Diabetes dengan Baik

Salah satu faktor penyebab perlemakan hati adalah penyakit metabolik seperti diabetes, kegemukan, dan kolesterol. Bila menderita diabetes, berat badan berlebih, dan kolesterol, Anda perlu menangani penyakit tersebut untuk menurunkan risiko penyakit hati.

4. Hindari Hubungan Seksual Berganti Pasangan

Setia pada pasangan Anda. Lakukan hubungan seksual dengan menggunakan kondom untuk mengurangi risiko penularan infeksi menular seksual, termasuk hepatitis B.

5. Terapkan Perilaku Bersih

Cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Memang hal ini merupakan cara yang sederhana namun cukup efektif untuk meminimalkan infeksi virus, bakteri maupun parasit. Disarankan untuk mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun antiseptik selama 20 detik.

Penyakit hati dapat berakibat fatal. Maka dari itu, cara mencegah penyakit hati yang paling ampuh adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak dini. Bila terdapat keluhan atau gejala, segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Ingin bertanya lebih lanjut seputar penyebab penyakit hati dan cara mencegah penyakit hati? Tanyakan langsung kepada dokter-dokter kami dengan menggunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar