Sukses

3 Kiat Tubuh Tetap Sehat di Musim Pancaroba

Kuman penyebab penyakit begitu mudah berkembang biak di musim pancaroba. Terapkan beberapa kiat berikut agar tubuh tak mudah sakit.

Klikdokter.com, Jakarta Diare, demam berdarah, dan tifus (tifoid) adalah tiga penyakit yang cukup sering mewabah di musim pancaroba. Perubahan cuaca, lingkungan yang lembap, dan banyaknya genangan air memang memicu perkembangbiakan kuman penyebab penyakit.

Agar tubuh tetap sehat di musim pancaroba, terapkan beberapa kiat berikut ini:

  1. Perhatikan kebersihan diri dan lingkungan

    Kuman dari lingkungan sekitar banyak menempel ke tubuh, salah satunya pada telapak tangan. Kuman tersebut bisa menjadi cikal bakal infeksi. Untuk mencegahnya, biasakan mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan, saat makan, setelah dari kamar mandi, dan usai beraktivitas dari luar ruangan.

    Selain kebersihan diri, kebersihan rumah juga tidak kalah penting. Kuman dan jentik nyamuk banyak bersarang di rumah yang tidak terjaga kebersihannya.

    Karena itu, sebelum musim pancaroba tiba biasakan mengubur barang- barang yang dapat menampung air dan menutup rapat tempat-tempat penampungan air. Dengan demikian, tidak ada lagi kesempatan bagi nyamuk dan kuman penyebab penyakit bersarang di rumah Anda.

  2. Makan makanan kaya antioksidan

    Salah satu senjata untuk menangkal kuman penyebab penyakit adalah antioksidan. Antioksidan yang didapat dari makanan akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit saat musim pancaroba.

    Sumber makanan yang kaya antioksidan yaitu buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, dan cokelat hitam. Jadi, jika ingin tetap sehat di musim pancaroba, jangan lupa sisipkan bahan makanan ini di menu harian Anda.

  3. Banyak minum air putih

Cukup minum air putih adalah salah satu kunci dalam menjaga kekebalan tubuh. Setiap orang dianjutkan minum delapan gelas air putih sehari. Bila banyak beraktivitas fisik dan berlangsung di luar ruangan, porsinya wajib ditingkatkan.

Tidak sulit bukan menjaga tubuh tetap sehat di musim pancaroba? Dengan kiat-kiat tersebut, Anda akan lebih mudah menghindar dari kuman penyebab penyakit sehingga aktivitas harian dapat berlangsung dengan lancar.

(BA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar