HomeInfo SehatPencernaanPerut Mulas Usai Minum Kopi, Normalkah?
Pencernaan

Perut Mulas Usai Minum Kopi, Normalkah?

dr. Sara Elise Wijono MRes, 19 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Beberapa orang terkadang mengeluhkan perut mulas setelah minum kopi. Apakah hal ini normal terjadi?

Perut Mulas Usai Minum Kopi, Normalkah?

Banyak orang mengeluhkan perut mulas setelah minum kopi. Hal ini terkadang menjadi alasan sebagian orang enggan minum kopi.

Di sisi lain, ada juga yang merasa bahwa hal ini membantu melancarkan aksi ‘pembuangan’. Ya, pada beberapa orang, kopi memang memiliki efek laksatif. Artinya, minuman ini bisa memperlancar pencernaan.

Jika Anda termasuk mereka yang sering mulas setelah minum kopi tidak perlu risau karena Anda tidak sendiri. Sekitar 30–40 persen dari populasi dunia juga merasakan keluhan yang sama dengan Anda.

Satu studi menyebutkan bahwa efek peristaltik yang ditimbulkan segelas kopi sama dengan setelah makan. Efek peristaltik ini 60% lebih kuat dibandingkan jika minum air.

Peristaltik merupakan gerakan kontraksi dan relaksasi dari saluran pencernaan, yang menimbulkan gerakan serupa ombak. Gerakan ini kemudian mendorong isi saluran pencernaan ke ujungnya.

Peneliti menduga kafein dianggap sebagai salah satu penyebab seseorang mulas setelah minum kopi. Hal ini didukung penelitian yang menyatakan kopi biasa memiliki efek sekitar 20% lebih kuat daripada kopi decaf.

Kopi ditemukan menstimulasi usus besar (kolon), sehingga membantu membuang sisa pencernaan keluar dari tubuh lebih cepat. Kopi menyebabkan peningkatan produksi asam lambung. Diperkirakan, hal ini memicu lambung untuk membuang isinya lebih cepat.

Selain itu, diduga terdapat komponen pada kopi yang mendukung pengeluaran hormon yang membantu pencernaan. Namun, belum diketahui zat apa pada kopi yang menyebabkan hal ini, karena terdapat begitu banyak komponen pada kopi.

Karena itu, tidak perlu khawatir akan timbulnya dorongan untuk buang air besar atau perut mulas setelah minum kopi. Hal ini normal terjadi dan dapat membantu Anda yang sulit buang air besar agar lebih lancar.

(DA/ RH)

Minum Kopikopiperut mulas

Konsultasi Dokter Terkait