HomeInfo SehatDarahJaga Kesehatan Hati dengan Minum Teh Hijau
Darah

Jaga Kesehatan Hati dengan Minum Teh Hijau

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 18 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda suka minum teh hijau? Minuman yang kaya antioksidan ini baik untuk kesehatan organ hati.

Jaga Kesehatan Hati dengan Minum Teh Hijau

Teh hijau merupakan teh asal Cina yang sangat popular. Minuman yang kaya antioksidan ini sering ditemukan pada obat herbal dan suplemen diet. Bahkan saat ini tak hanya di toko obat herbal saja, berbagai makanan yang dijual bebas pun banyak menggunakan teh hijau.

Minuman ini juga ternyata baik untuk organ hati. Organ yang sangat penting dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah tulang rusuk kanan Anda.

Beberapa tugas penting organ hati adalah melawan infeksi, membuang racun, pembekuan darah. Organ ini juga merupakan satu-satunya organ yang dapat beregenerasi sendiri.

Nah, teh hijau dikenal kaya akan antioksidan katekin. Antioksidan ini dapat mencegah sendiri dapat memperlambat bahkan menghentikan proses oksidasi di dalam tubuh.

Proses oksidasi adalah proses kimia yang terjadi dalam tubuh dan menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas inilah yang dapat merusak sel dalam tubuh dan menyebabkan peradangan.

ROS (reactive oxygen species) adalah salah satu jenis radikal bebas yang dihasilkan dari metabolisme oksigen. Hati adalah organ utama yang diserang oleh ROS. Tubuh manusia secara natural juga memproduksi antioksidan untuk melawan radikal bebas termasuk ROS.

Seringkali, jumlah antioksidan yang diproduksi tubuh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah radikal bebas. Radikal bebas terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pada keseimbangan tubuh terutama untuk organ hati. Karena itu, dibutuhkan antioksidan tambahan dari luar tubuh untuk membersihkan radikal bebas di dalam peredaran darah.

Kandungan zat antioksidan (katekin) pada teh hijau sudah terbukti membantu fungsi hati dan menjaga hati dari kerusakan bahan beracun seperti alkohol. Antioksidan tersebut, juga melindungi kerusakan sel hati oleh ROS dan radikal bebas lainnya.

Studi membuktikan bahwa minum teh hijau setiap hari akan menghambat jumlah lemak yang tersimpan di hati tikus yang obesitas dengan penyakit hati berlemak yang parah. Selain itu ditemukan pula perbaikan fungsi hati.

Karena itu, minum teh hijau secara rutin untuk menghambat penyerapan lemak atau meningkatkan kecepatan agar lemak digunakan sebagai energi atau menghambat pembentukan lemak di hati. Sayangi organ hati Anda sejak dini agar tidak terkena penyakit serius di kemudian hari.

(DA/ RH)

Teh hijauKandungan Teh Hijau