Sukses

Terlalu Sering Mencuci Muka Bikin Wajah Keriput?

Benarkah terlalu sering mencuci muka bisa bikin wajah keriput? Temukan jawabannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Kulit keriput tak hanya terjadi pada wanita berusia paruh baya, tetapi juga bisa terjadi pada wanita berusia muda. Faktor penyebabnya bermacam-macam –seperti paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, pola makan tak sehat, dan sebagainya.

Kabar baiknya, keriput yang muncul saat usia muda atau penuaan dini dapat dicegah dengan beberapa perawatan, salah satunya yaitu mencuci muka. Para ahli menganjurkan mencuci muka sebanyak dua kali sehari atau lebih untuk Anda yang selalu berkeringat dan menggunakan kosmetik.

Anda tidak disarankan untuk mencuci muka terlalu sering karena dapat merusak kelembapan kulit. Terlebih ketika sensasi kesat muncul di kulit wajah setelah mencuci muka, itu menandakan bahwa kulit Anda kering. Ingat, mencuci wajah yang benar akan memberikan sensasi kulit yang licin dan kenyal, bukan kesat.

Sebaiknya Anda cukup mencuci muka sebanyak dua kali sehari, atau sehabis berpergian maksimal 3–4 kali sehari, terutama untuk kulit berminyak. Jika kulit kering, usahakan mencuci muka cukup dua kali sehari.

Hindari menggosok kulit wajah terlalu keras saat mencucinya, karena hal ini dapat membuat lapisan minyak yang menjaga kelembapan kulit ikut hilang. Anda dapat menggunakan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati maksimal dua kali seminggu.

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah agar tidak mencuci muka menggunakan air terlalu panas. Hal tersebut dapat menghilangkan kelembapan kulit.

Saat mencuci muka, sebaiknya gunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan sampai sabun untuk kulit berminyak dipakai untuk mencuci kulit wajah yang kering, karena akan membuat kulit semakin kering dan mudah keriput.

Bila tak ingin keriput di usia muda, cegahlah dengan cara mencuci muka dengan tepat. Selain itu, pastikan Anda banyak mengonsumsi air untuk menjaga kelembapan kulit.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar