Sukses

Vagina Gatal saat Hamil, Normal atau Tidak?

Keluhan vagina gatal sering dialami oleh wanita hamil. Sebenarnya kondisi ini normal atau tidak?

Klikdokter.com, Jakarta Saat hamil, perempuan banyak mengalami perubahan baik secara fisik maupun psikologis. Vagina gatal adalah salah satu kondisi yang sering dikeluhkan para wanita hamil.

Sesungguhnya organ intim perempuan saat hamil akan memproduksi banyak cairan sebagai respons terhadap perubahan hormon secara besar-besaran. Nah, hal inilah yang menyebabkan vagina mudah iritasi, sering gatal, dan pada beberapa kondisi menjadi bengkak.

Jadi, gatal pada vagina adalah hal yang wajar dan pasti sering dialami oleh setiap wanita hamil. Meski demikian, sebaiknya hal ini tidak dianggap remeh. Sebab peningkatan hormon estrogen saat hamil akan meningkatkan produksi glikogen yang memicu pertumbuhan sel jamur di dinding vagina.

Selain itu, tingkat keasaman yang menurun di area vagina akan membuat bakteri mudah berkembang biak. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan ibu hamil rentan mengalami infeksi jamur dan bakteri di vagina.

Lantas bagaimana cara mengetahui gatal pada vagina yang disebabkan oleh infeksi? Ada beberapa gejala yang mengindikasikan adanya infeksi di area vagina, yaitu:

  1. Rasa gatal yang sangat hebat hingga disertai sensasi seperti terbakar.

  2. Iritasi hingga kemerahan di vagina yang makin meluas.

  3. Keluar cairan berwarna dan berbau dari vagina. Cairan putih seperti susu dan berbau asam biasanya menandakan adanya infeksi jamur. Sementara cairan berwarna kuning kehijauan dan berbau amis atau busuk menandakan adanya infeksi bakteri.

  4. Dapat disertai nyeri dan panas saat buang air kecil dan nyeri saat berhubungan seksual.

Bila muncul gejala-gejala tersebut, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter agar segera ditangani dan tidak berakibat buruk pada janin. Berbekal informasi ini, Anda dapat terhindar dari vagina gatal serta dapat menjalani kehamilan dengan tenang. Jangan lupa, jaga kebersihan vagina agar terhindar dari infeksi.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar