Sukses

Mengenal Penyakit Radang Pembuluh Darah

Radang pembuluh darah adalah penyakit yang bisa merenggut nyawa. Kenali dan obati sekarang juga!

Klikdokter.com, Jakarta Apakah di bagian tertentu tubuh Anda terdapat bercak merah? Apakah bercak tersebut tidak hilang meski sudah diolesi salep? Awas, jangan abai. Bisa jadi itu adalah penyakit radang pembuluh darah.

Apa Itu?

Radang pembuluh darah, atau dalam bahasa medis disebut vaskulitis, merupakan suatu peradangan yang terjadi arteri atau vena. Penyakit ini dapat menyerang seluruh bagian tubuh, semua jaringan atau organ.

Penyebab dari radang pembuluh darah masih belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa kondisi yang diduga menjadi latar belakangnya adalah autoimun, alergi, infeksi, peradangan sendi, dan kanker.

Lalu bagaimana mengenali gejalanya? Gejala dari radang pembuluh darah beragam, sesuai dengan bagian tubuh yang terkena.

Namun gejala yang paling sering terjadi akibat penyakit ini adalah demam, tidak nafsu makan, penurunan berat badan, dan lemah. Selain itu juga bisa muncul bercak kemerahan pada kulit, gangguan sensasi sentuhan (baal), lemah otot, stroke dan serangan jantung.

Jangan Abaikan!

Radang pembuluh darah bisa mengancam nyawa. Kondisi ini terjadi di saat dinding pembuluh darah memanjang dan menonjol, hingga akhirnya melebar (aneurisma). Dinding ini sangat lemah, dan dapat pecah kapan saja, sehingga kematian pun bisa terjadi secara tiba-tiba.

Untuk memastikan radang pembuluh darah, dokter akan melakukan pemeriksaan darah atau cairan tubuh lainnya di laboratorium. Tak hanya itu, pemeriksaan biopsi pun perlu dilakukan. Pemeriksaan ini benar-benar akan memastikan ada atau tidaknya peradangan di dalam tubuh.

Radang pembuluh darah harus diobati berdasarkan penyebab dan organ yang terkena. Jika sebabnya alergi, penyakit mungkin dapat sembuh sendiri dan tidak membutuhkan pengobatan.

Namun, ketika radang pembuluh darah menyerang organ otak dan jantung, pengobatan yang lebih agresif dan cepat harus dilakuan. Jenis obat-obatan yang biasanya diberikan oleh dokter adalah antiradang dengan dosis sesuai kondisi pasien.

Mengingat radang pembuluh darah bisa merenggut nyawa, jangan pernah anggap remah jika Anda mengalami hal-hal di atas. Segera temui dokter agar Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar