Sukses

Optimalkan Tumbuh Kembang Bayi dengan Sentuhan

Tahukah Anda bahwa sentuhan berperan penting dalam menunjang tumbuh kembang bayi?

Klikdokter.com, Jakarta Mengelus atau mencium bayi yang baru lahir tentu dilakukan sebagai wujud kasih sayang. Tapi ternyata, tindakan ini juga bermanfaat dalam menunjang tumbuh kembang bayi, lho!

Faktanya, penelitian membuktikan bahwa sentuhan kulit ke kulit (skin to skin contact) dari orangtua ke bayi memiliki manfaat besar dalam menunjang perkembangan otak. Tapi hanya itu, tapi juga membantu mengasah kemampuan motorik bayi.

Hal itu karena bayi yang baru lahir sangat bergantung pada sentuhan dan suara, akibat sistem penglihatan yang belum sempurna. Sehingga, dengan adanya sentuhan, bayi akan mengeluarkan respons tertentu untuk beradaptasi dengan lingkungan dan berkomunikasi dengan orangtuanya.

Menariknya, belaian, pijatan lembut, menggendong, atau kontak kulit saat sedang menyusui juga terbukti dapat membuat bayi merasa lebih nyaman dan tenang. Tindakan ini turut mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh bayi, mencegah rewel, dan membuatnya tidur lebih nyenyak di malam hari.

Nah, kini Anda telah mengetahui bahwa sentuhan berperan penting dalam menunjang tumbuh kembang bayi. Jadi, jangan ragu untuk menyentuhnya dengan penuh kasih sayang sejak ia dilahirkan di dunia, ya!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar