Sukses

Ini Bahayanya Jika Sembarangan Diet Bebas Gluten

Salah satu jenis diet yang banyak digemari adalah diet bebas gluten. Tapi tidak semua orang perlu melakukannya.

Klikdokter.com, Jakarta Diet bebas gluten sedang digandrungi beberapa tahun belakangan ini. Apalagi banyak selebritas Hollywood yang sukses melakukannya. Sebut saja Gwyneth Paltrow dan Jessica Alba.

Awalnya diet bebas gluten hanya ditujukan untuk penderita celiac, suatu gangguan sistem imun terhadap gluten. Kondisi ini bisa menyebabkan diare, kembung, dan turunnya berat badan. Namun, lama-kelamaan orang sehat juga tertarik untuk mengikuti diet ini.

Gluten adalah sejenis protein yang biasa ditemukan dalam tanaman serealia atau biji-bijian seperti gandum. Gluten juga digunakan sebagai komponen pembuatan roti, agar menjadi kenyal saat dipanggang.

Bagi mereka yang tidak memiliki celiac, tujuan menjalani diet bebas gluten adalah karena ingin lebih sehat dan langsing. Tapi sayangnya, untuk orang sehat, ini tidak terlalu banyak membawa manfaat. Mengapa demikian?

Diet bebas gluten berarti menghindari seluruh makanan berbahan gandum serta tanaman serealia lainnya—seperti roti, pasta, dan serealia. Padahal, serealia merupakan sumber karbohidrat dan serat yang baik. Akibatnya, Anda bisa kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, mengonsumsi lebih sedikit gluten dapat meningkatkan risiko diabetes melitus tipe 2. Ini tentu sangat merugikan. Ingin sehat dengan diet bebas gluten, tapi malah terkena penyakit kronis.

Jika Anda tidak menderita celiac, sebaiknya hindari diet bebas gluten. Untuk menjaga kesehatan sekaligus mendapatkan tubuh ideal, fokuslah pada pengaturan sumber karbohidrat yang baik dan pola makan sehat. Tak perlu menghindari semua makanan yang berbahan gluten.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar