Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiIni Bahayanya Jika Sembarangan Diet Bebas Gluten
Diet dan Nutrisi

Ini Bahayanya Jika Sembarangan Diet Bebas Gluten

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 03 Jul 2020

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Diet bebas gluten adalah salah satu diet yang banyak digemari. Namun, tidak semua orang dianjurkan melakukan diet ini.

Ini Bahayanya Jika Sembarangan Diet Bebas Gluten

Diet bebas gluten banyak diminati karena manfaatnya untuk menurunkan berat badan. Diet ini sukses dilakukan beberapa selebritas Hollywood, seperti Gwyneth Paltrow dan Jessica Alba. Padahal, diet bebas gluten ini diperuntukkan bagi yang memang tidak bisa konsumsi gluten. 

Pada zaman sekarang, makanan berlabel bebas gluten sudah tidak sulit lagi ditemukan. Bahkan, beberapa restoran sudah menyediakan makanan yang tidak mengandung gluten.

Meskipun diet ini diperuntukkan bagi mereka yang memang tidak bisa mengonsumsi gluten, tidak sedikit orang yang melakukan diet bebas gluten karena popularitas diet ini. Lalu, apa bahayanya jika diet ini dilakukan orang sehat?

Sekilas Tentang Diet Bebas Gluten

Gluten adalah sejenis protein yang biasa ditemukan dalam tanaman serealia atau biji-bijian seperti gandum. Gluten juga digunakan sebagai komponen pembuatan roti agar menjadi kenyal saat dipanggang.

Awalnya, diet bebas gluten hanya ditujukan untuk penderita celiac, suatu gangguan sistem imun terhadap gluten. Efek gluten bagi tubuh penderita celiac adalah sistem kekebalan tubuh akan merusak lapisan dari usus halus, sehingga dapat menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi dari makanan.

Artikel Lainnya: Siapa Saja Orang yang Perlu Diet Bebas Gluten?

Kondisi ini bisa menyebabkan diare, kembung, turunnya berat badan dan penyakit lain seperti osteoporosis, infertilitas, gangguan saraf, dan kejang.

Selain penyakit celiac, diet ini juga cocok untuk kondisi sensitif terhadap gluten atau non-celiac gluten sensitivity. Gejala yang terjadi akan sama, tetapi tidak menyebabkan kerusakan pada usus halus. 

Bahaya Diet Bebas Gluten Sembarangan

Bagi mereka yang tidak memiliki celiac, tujuan menjalani diet bebas gluten biasanya karena ingin lebih sehat dan langsing.

Namun sayangnya, bagi orang sehat, diet ini tidak terlalu banyak memberikan manfaat. Bahkan, diet ini berisiko menimbulkan beberapa gangguan untuk kesehatan. Berikut di antaranya:

  • Kekurangan Asupan Nutrisi

Diet bebas gluten berarti menghindari seluruh makanan berbahan gandum, serta makanan olahan tanaman serealia lainnya seperti roti, pasta, serealia, dan piza. Padahal, manfaat gluten adalah sebagai sumber karbohidrat.

Tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten dapat berisiko menyebabkan kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Artikel Lainnya: Diet Bebas Gluten, Benarkah Lebih Sehat?

  • Kekurangan Vitamin B

Makanan sereal dan roti yang terfortifikasi merupakan sumber dari vitamin B. Jika Anda melakukan diet bebas gluten, Anda berisiko kekurangan vitamin B.

Bahaya gluten free ini memberi ancaman bagi setiap orang, terutama ibu hamil. Hal ini karena kekurangan vitamin B dapat menyebabkan peningkatan risiko terjadinya cacat bawaan lahir. 

  • Kekurangan Serat

Gluten juga merupakan sumber serat yang baik. Jika Anda melakukan diet bebas gluten, Anda berarti mengurangi asupan serat Anda.

Memang benar bahwa selain makanan yang mengandung gluten, terdapat sumber serat lainnya. Namun, gandum merupakan sumber yang kaya akan serat. 

  • Risiko Diabetes Melitus Meningkat 

Sebuah studi dari PubMed menemukan bahwa mengonsumsi lebih sedikit gluten dapat meningkatkan risiko diabetes melitus tipe 2. Hal ini tentu sangat merugikan, bukannya mendapatkan tubuh yang diidam-idamkan, tapi malah terkena penyakit kronis.

  • Kenaikan Berat Badan

Banyak orang mengikuti tren diet bebas gluten karena tergoda untuk menurunkan berat badan. Namun, justru beberapa makanan bebas gluten memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi dibandingkan makanan yang mengandung gluten. Selain itu, banyak juga junk food yang memiliki label bebas gluten.

Artikel Lainnya: Gluten, Benarkah Harus Sepenuhnya Dihindari?

Akibat terfokus untuk memilih makanan yang hanya berlabel bebas gluten, banyak orang yang kurang kritis, sehingga tidak memperhatikan kalori yang terkandung dalam makanan tersebut.

Tips Diet Bebas Gluten yang Aman bagi Tubuh

Jika Anda tidak menderita celiac, sebaiknya hindari diet bebas gluten. Untuk menjaga kesehatan sekaligus mendapatkan tubuh ideal, fokuslah pada pengaturan sumber karbohidrat yang baik dan pola makan sehat. Jadi, Anda tak perlu menghindari semua makanan yang berbahan gluten.

Namun, jika Anda memang ingin ikut diet ini, berikut beberapa tips diet bebas gluten yang aman bagi tubuh:

  • Kritis dalam membaca kandungan makanan
  • Mengonsumsi multivitamin untuk penderita celiac
  • Memperbanyak konsumsi serat dari sumber lain 
  • Pantau berat badan dan kadar gula darah

Diet bebas gluten sebenarnya cocok untuk penderita penyakit celiac atau yang sensitif terhadap gluten. Jika tujuan Anda ingin menurunkan berat badan saja, tentunya diet jenis ini tidak dianjurkan. Anda harus memperhatikan kemungkinan risiko kesehatan yang ditimbulkan.

Bahaya gluten free pada orang normal dapat menyebabkan berbagai dampak negatif, salah satunya kekurangan nutrisi. Karena itu, sebelum melakukan diet, ada baiknya Anda konsultasikan tentang jenis diet yang akan dijalani dengan dokter ataupun ahli gizi, sehingga kesehatan Anda tidak terganggu.

[WA]

Diet

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter