Sukses

Testpack Positif, Apakah Pasti Hamil?

Ternyata, hasil testpack positif tidak selalu berarti hamil. Kok bisa?

Klikdokter.com, Jakarta Testpack sering diandalkan untuk memastikan kehamilan. Hasil tes berupa tanda dua garis merah diyakini positif atau sedang hamil.

Berdasarkan petunjuk testpack, hal itu tidak salah. Tapi selain kehamilan, sebenarnya ada kondisi lain yang dapat menyebabkan hasil testpack positif.

Pada awal kehamilan, tubuh membentuk plasenta yang menjadi sarana untuk menyalurkan darah, nutrisi, dan oksigen kepada janin. Pada trimester pertama kehamilan, plasenta akan mengeluarkan hormon beta-hCG (human chorionic gonadotrophine) di tubuh wanita.

Hormon inilah yang dideteksi melalui pemeriksaan testpack. Adanya hormon beta-hCG di dalam urine akan memberikan hasil testpack positif.

Secara umum, pemeriksaan testpack cukup akurat untuk mengetahui adanya kehamilan. Namun, sekitar satu dari 20 wanita dapat mengalami ‘positif palsu’. Dengan kata lain, hasil testpack-nya positif padahal tidak sedang mengandung.

Selain pada kondisi hamil, hasil testpack positif bisa ditemui pada keadaan:

  1. Wadah untuk mengumpulkan urine tidak bersih

    Wadah penampung urine yang terkontaminasi detergen dapat menyebabkan hasil testpack positif.

  2. Adanya darah atau protein pada urine

    Adanya darah atau protein pada urine juga bisa menyebabkan hasil testpack positif. Ini bisa terjadi saat Anda mengalami infeksi saluran kencing atau gangguan ginjal.

  3. Penggunaan obat-obatan tertentu

    Penggunaan obat hormonal untuk kesuburan, obat penenang, atau beberapa jenis obat antihipertensi dapat menyebabkan hasil testpack positif.

  4. Tumor di organ kandungan

    Beberapa jenis tumor di organ kandungan juga mengeluarkan hormon beta-hCG, sehingga hasil testpack bisa positif.

  5. Baru saja mengalami keguguran

    Hormon beta-hCG baru menghilang dari darah dan urine beberapa minggu setelah keguguran. Karena itu, bila keguguran baru saja terjadi, testpack masih bisa memberi hasil positif meski tidak hamil.

Jadi, bila Anda mendapatkan hasil testpack positif, sebaiknya segera periksa ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan kehamilan.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar