Sukses

Cara Menghilangkan Tato dengan Laser dan Efek Sampingnya

Apa saja yang harus Anda ketahui sebelum menghilangkan tato dengan laser? Temukan jawabannya di sini.

Setiap orang memiliki alasannya sendiri untuk membuat tato. Namun tak jarang, orang menyesal membuat tato dan memutuskan untuk menghilangkannya. 

Sayangnya, menghilangkan tato tidak semudah itu. Selain mahal, proses menghapusnya juga bisa lebih sakit ketimbang saat membuatnya. 

Cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan tato salah satunya dengan laser. Teknik ini sering kali dianggap lebih aman dan efektif. Meski begitu, tetap ada efek samping yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan laser. 

1 dari 3 halaman

Menghilangkan Tato dengan Metode Laser

Bila ingin menghilangkan tato, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan teknik laser. Laser dapat menghapus tato dengan efek samping yang minimal, sehingga dianggap lebih aman. 

Artikel Lainnya:  Mau Menghapus Tato secara Permanen? Ini yang Harus Diperhatikan

Teknik laser menghancurkan warna pigmen tato dengan menggunakan sinar intensitas tinggi. Warna pigmen hitam tato dapat menyerap semua gelombang panjang laser yang mempermudah pengangkatan. 

Tidak ada laser tunggal yang dapat menghapus semua warna tato. Pewarna yang berbeda akan merespons panjang gelombang cahaya yang berbeda. Hitam dan hijau tua adalah warna yang paling mudah untuk dihilangkan. Sementara warna kuning, ungu, pirus, dan fluoresen paling sulit untuk pudar.

Lantas, apakah tato bisa benar-benar hilang? Nyatanya, tak semuanya dapat hilang dengan laser. Sebagian tato bahkan hanya bisa memudar. 

Teknik pengangkatan tato harus disesuaikan dengan kasus setiap individu. Kuantitas perawatan pun cukup bervariasi. Selain itu, terapi laser juga bergantung pada usia, ukuran, jenis tato, warna tato, kedalaman pigmen tato, dan warna kulit pasien.

Artikel Lainnya: Efek Tato Terasa Gatal, Kenapa, Ya?

Prosedur penghilangan tato dengan metode laser biasanya tidak hanya dilakukan dalam satu kali pertemuan. Anda membutuhkan 2- 4 kali kunjungan untuk dapat benar-benar menghilangkan tato. Pada beberapa kasus diperlukan jumlah kunjungan yang lebih banyak. 

Berikut ini adalah tahapan prosedur menghilangkan tato dengan laser:

  1. Terapis akan menilai tato Anda (ukuran, jenis tato, warna tato dan kedalaman pigmen tato)
  2. Anda akan diberikan pelindung mata
  3. Terapis akan menguji reaksi kulit Anda terhadap laser untuk menentukan laser yang akan digunakan untuk terapi
  4. Anestesi (obat bius) tidak selalu dilakukan namun dapat menjadi pilihan 
  5. Terapis akan menjalankan prosedur laser pada seluruh kulit yang terdapat pigmen tato 
  6. Setelah prosedur, kompres dingin dapat dilakukan untuk meredakan area tersebut
  7. Area kulit akan diberikan krim antibiotik dan ditutup dengan kasa untuk melindungi area tersebut
2 dari 3 halaman

Efek Samping Metode Laser

Pengangkatan tato dengan laser secara umum aman dilakukan. Meski demikian, ada beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah terapi laser: 

  1. Risiko Infeksi 

Area kulit yang mendapatkan terapi laser untuk menghilangkan tato berisiko infeksi. Oleh karena itu, prosedur ini harus dilakukan oleh yang ahli dan di tempat bersih serta menggunakan alat yang steril.

Artikel Lainnya: Tato pada Payudara, Amankah untuk Kesehatan?

  1. Perubahan Warna Kulit atau Tekstur Kulit

Pada bagian kulit yang dilaser dapat terjadi hipopigmentasi (warna kulit lebih terang) atau hiperpigmentasi (warna kulit lebih gelap). Namun hiperpigmentasi lebih sering terjadi pada orang yang memiliki warna dasar kulit gelap.

Selain itu, dapat juga terbentuk jaringan parut. Meski demikian, teknik laser terbaru memiliki risiko yang lebih kecil dalam menimbulkan jaringan parut pada bekas tato. 

Penggunaan tabir surya dapat membantu mencerahkan pigmen kulit di sekitar tato yang dihilangkan. Oleskan tabir surya sebelum dan sesudah menghilangkan tato dengan laser guna meminimalkan perubahan pada pigmen kulit Anda.

  1. Reaksi Alergi

Reaksi alergi lokal pernah dilaporkan terjadi. Jika laser menyebabkan reaksi alergi maka sebaiknya terapi dihentikan.

Anda benar-benar ingin menghilangkan tato? Sebelum menentukan pilihan, berkonsultasilah pada dokter spesialis kulit atau dokter spesialis bedah plastik untuk memastikan perawatan yang tepat. 

Untuk itu, bagi Anda yang punya pertanyaan seputar menghilangkan tato atau masalah lainnya, jangan sungkan untuk berkonsultasi langsung kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar