Sukses

Trik agar Kesan Pertama yang Anda Berikan Positif

Dalam 30 detik, Anda dapat memberikan kesan pertama yang baik saat bertemu orang.

Klikdokter.com, Jakarta Kesan pertama (first impression) merupakan salah satu hal yang penting saat pertama kali bertemu dengan seseorang. Tak hanya itu, hal tersebut sangat menentukan kelanjutan hubungan interpersonal Anda.

Para pakar mengatakan otak kita secara tidak sadar langsung memuat segala informasi dari orang yang baru ditemui pertama kali hanya dalam 30 detik. Lalu, bagaimana serta hal apa saja yang harus diperhatikan agar pertemuan pertama kali berkesan?

Amy Cuddy, seorang psikolog dari Harvard Business School, memelajari filosofi dari kesan pertama selama lebih dari 15 tahun. Hasilnya, ada dua hal utama yang dinilai oleh seseorang saat pertama kali bertemu orang lain, yakni kompetensi dan kehormatan.

Dalam konteks profesional, seseorang merasa bahwa kompetensi merupakan elemen yang paling penting. Hal ini terutama untuk meyakinkan lawan bicaranya bahwa ia dapat mengerjakan tugas atau pekerjaannya dengan baik.

Agar kesan pertama yang Anda berikan positif, jadilah diri sendiri. Anda tak perlu mengubah diri menjadi sosok lain agar terlihat hebat. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan merasa tidak gugup dan lebih nyaman untuk berinteraksi dengan orang lain. Semoga bermanfaat!

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar