Sukses

Kenapa Stroke Sering Terjadi di Pagi Hari?

Pagi hari diketahui sebagai waktu serangan stroke yang paling sering. Ternyata, ini alasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Penyumbatan pembuluh darah yang memicu stroke bisa terjadi kapan saja. Namun, pagi hari adalah waktu yang diduga paling rawan. Pertanyaannya, kenapa stroke sering terjadi di pagi hari?

Stroke adalah penyakit yang dapat disebabkan oleh sumbatan plak pada pembuluh darah (aterosklerosis). Plak ini sewaktu waktu dapat pecah dan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah ke otak mendadak berkurang. Penyebab stroke lain yang sering terjadi adalah kondisi tekanan pembuluh darah yang terlalu tinggi sehingga pembuluh darah di otak pecah dan menyebabkan perdarahan.

Pada orang-orang dengan tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, kolesterol tinggi, diabetes, kegemukan dan perokok, plak pada pembuluh darah akan terbentuk lebih cepat.

Sehubungan dengan serangan stroke di pagi hari, hal ini diduga akibat perubahan irama tubuh manusia. Penelitian menyebutkan bahwa saat tidur malam, tekanan darah di dalam tubuh akan menurun. Menjelang bagun pagi, pembuluh darah akan mengecil sehingga tekanan darah akan menjadi lebih tinggi.

Namun sebenarnya, hal di atas masih perlu diteliti lebih lanjut. Pasalnya, banyak mekanisme rumit yang masih harus dijelaskan terkait penyumbatan pembuluh darah, kekentalan darah, serta tekanan darah itu sendiri.

Nah, jika tidak ingin mengalaminya, pastikan Anda melakukan cek kesehatan secara rutin ke pusat kesehatan terdekat. Jangan lupa untuk juga berolahraga secara rutin dan teratur, mengonsumsi makanan sehat, menjauhi rokok dan alkohol, serta cukup istirahat.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda tak hanya terhindar dari stroke. Anda juga dapat berkelit dari serangan jantung dan penyakit mematikan lainnya. Semoga tulisan ini dapat menjawab rasa penasaran Anda terkait serangan stroke di pagi hari.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar