Sukses

3 Dampak Kurang Tidur

Anda baru saja menghabiskan malam Tahun Baru dengan pesta semalam suntuk hingga pagi? Atau Anda justru malah sedang terdesak situasi begadang untuk menyelesaikan pekerjaan hingga pagi hari? Waspada kurang tidur! Bisa jadi penyakit. Simak selengkapnya dari dr. Dewi Ema Anindia disini.

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia 

Klikdokter.com - Menurut The National Sleep Foundation, orang dewasa sebaiknya mendapatkan tidur antara 7 hingga 9 jam dalam satu hari dan angka ini dapat berubah sesuai dengan usia.

The National Sleep Foundation menyebutkan bahwa meningkatnya angka kecelakaan juga berhubungan dengan kurangnya tidur. Pada tahun 2011, Centers for Disease Control menemukan bahwa sebanyak 70 juta orang dewasa menderita gangguan tidur termasuk insomnia, narcolepsy, sleep apnea dan restless leg syndrome.

Tidur sangat berpengaruh terhadap kelangsungan tubuh kita oleh karena itu tidur merupakan hal yang sangat penting. Nah, beberapa hal yang dapat terjadi bila kita kurang tidur  adalah:

  • Dapat muncul depresi

Hubungan antara tidur dengan depresicukup kompleks oleh karena kurangnya tidur dapat menyebabkan depresi. Sebaliknya juga, depresi dapat menyebabkan kurangnya tidur, namun penelitian berpendapat bahwa risiko munculnya depresi meningkat dengan kurangnya tidur.

  • Penambahan berat badan

Tidur berhubungan langsung dengan produksi 3 hormon yang mengontrol rasa lapar yaitu cortisol yang dapat membuat kita menjadi tembam, mempengaruhi level glukosa, bertindak sembrono dan gangguan perasaan hingga menjadi gemuk. Hormon lainnya adalah ghrelin dan leptin yang berpengaruh langsung terhadap rasa lapar.

  • Mengurangi imunitas tubuh

Penelitian yang dilakukan di JAMA Internal Medicine yang melakukan penelitian terhadap 300 orang yang terkena virus flu menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 7,5 jam memiliki risiko untuk terkena flu.

Memang dijadwal kita yang cukup sibuk sulit untuk menentukan waktu untuk tidur bahkan terkadang sulit sekali untuk tidur 7 – 9 jam dalam sehari, oleh karena itu bila memang Anda kurang tidur jaga daya tahan tubuh Anda dengan konsumsi makanan bergizi serta olahraga.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](PNA)

 

Baca juga:

 

 

1 Komentar