Sukses

Sedikit atau Banyak, Merokok Menyebabkan Radang Sendi

?Merokok ringan? atau bisa juga disebut sebagai merokok hanya beberapa batang sehari dapat meningkatkan risiko terjadi penyakit radang sendi (atritis) terutama pada wanita. Seperti yang dilaporkan pada sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia,..

Oleh: dr. Ema Anindia

KlikDokter.com - “Merokok ringan” atau bisa juga disebut sebagai merokok hanya beberapa batang sehari dapat meningkatkan risiko terjadi penyakit radang sendi (atritis) terutama pada wanita. Seperti yang dilaporkan pada sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia, peneliti menemukan bahwa wanita yang merokok bahkan dengan jumlah yang sangat sedikit dalam sehari ternyata tetap memiliki risiko tinggi untuk paparan penyakit radang sendi.

Penelitian ini mengikuti 30.000 wanita selama periode 7 tahun, untuk melihat apakah merokok dapat meningkatkan risiko radang sendi.  Setelah 7 tahun didapatkan hasil bahwa merokok sebanyak 1 batang hingga 7 batang dalam sehari saja dapat meningkatkan risiko untuk penyakit radang sendi sebanyak dua kali lipat (2,31 kali) pada bila dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok.

Walaupun studi ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan bagaimana proses terjadinya radang sendi, dan tidak menjelaskan perbedaan antar jenis kelamin namun studi ini sangat baik bagi kesehatan masyarakat sebab dapat menghilangkan pemikiran dan paradigma dimana ada suatu level jumlah batang rokok yang aman untuk merokok. Merokok selain dapat meningkatkan risiko radang sendi, “Merokok ringan” juga sering dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker paru-paru, jantung, dan stroke.

Karena banyak sekali studi yang mengaitkan efek buruk merokok terutama pada wanita maka penulis menganjurkan untuk segera berhenti merokok terutama bagi wanita, banyak sekali studi yang mengaitan rokok dengan tingkat kematian yang lebih tinggi, tidak ada pengaruh antara jumlah batang rokok sebab satu batang pun dapat membahayakan diri Anda![](EA)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar