Sukses

Ayo, Ajak Anak Periksa Gigi Sejak Dini!

Sama seperti orang dewasa, masalah gigi dan mulut pada anak bisa sangat mengganggu. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan gigi anak ke dokter gigi sejak dini.

Kerusakan gigi merupakan salah satu masalah umum yang terjadi pada masa kanak-kanak. Sering kali, mereka datang ke dokter gigi setelah memiliki masalah, misalnya gigi berlubang. Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan melakukan pemeriksaan gigi sedini mungkin.

Untuk mendapatkan gigi yang sehat seumur hidup, dibutuhkan perawatan yang tepat dan teratur. American Dental Association dan American Academy of Pediatrics menyarankan agar anak melakukan perawatan gigi ketika usia satu tahun, atau saat gigi pertama mereka tumbuh.

Dokter gigi akan memeriksa kondisi rongga mulut anak untuk memastikan keadaan gigi mereka serta membersihkan gigi. Selain itu, dokter gigi juga akan memberikan tips untuk perawatan gigi sehari-hari.

Kunjungan ini penting untuk memastikan anak Anda tidak menunjukkan tanda-tanda adanya kerusakan pada gigi dan gusi. Itulah mengapa sangat penting untuk memulai kebiasaan tersebut sejak dini.

1 dari 2 halaman

Pentingnya Memeriksakan Gigi Anak Sejak Dini

Ada banyak manfaat dari merawat gigi anak sejak dini. Semakin cepat anak-anak memulai pemeriksaan gigi, semakin besar pula keuntungan yang akan didapat sepanjang hidup mereka. Beberapa di antaranya, yaitu:

1. Anak Lebih Tenang Saat ke Dokter Gigi

Memulai kunjungan gigi lebih awal akan meningkatkan kemungkinan anak Anda melihat praktik dokter gigi sebagai bagian rutin dari kehidupan mereka. Hal ini tentu akan membantu mereka dengan pengalamannya, agar tetap tenang saat memeriksakan gigi ke dokter gigi.

Karena jika anak tidak terbiasa ke dokter gigi, mereka bisa saja merasa takut atau cemas berlebih saat harus ke dokter gigi.

Artikel Lainnya: 8 Tips Merawat Gigi Anak yang Baru Tumbuh

2. Mengedukasi Orang Tua

Selain itu, pemeriksaan gigi sedari dini juga bermanfaat untuk para orang tua. Anda bisa tahu lebih banyak tentang cara menyikat gigi yang benar, rekomendasi perawatan mulut, serta dapat berdiskusi langsung dengan dokter gigi mengenai kebutuhan diet serta fluoride untuk anak.

3. Mengatasi Masalah Gigi Sedini Mungkin

Anak kecil umumnya sangat rentan terhadap kerusakan gigi. Dengan kunjungan ke dokter gigi yang dimulai sejak awal kehidupan mereka, tentu akan meningkatkan peluang dalam mendeteksi masalah gigi yang dapat berkembang.

Kerusakan gigi seperti gigi berlubang adalah penyakit kronis yang paling umum dialami oleh anak-anak. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, adanya gigi berlubang atau masalah lainnya dapat diatasi sedini mungkin.

4. Mencegah Kerusakan Gigi

Selain merawat gigi yang membusuk, anak mungkin juga memerlukan tindakan pencegahan seperti pemberian sealant atau aplikasi fluoride tambahan. Hal ini penting, terutama jika mereka berisiko lebih tinggi terhadap kerusakan gigi.

Artikel Lainnya: Tips agar Anak Tidak Takut ke Dokter Gigi

Pemeriksaan yang dilakukan sejak dini akan membantu melindungi gigi dan mencegah kerusakan gigi pada anak. Hal ini harus diperhatikan oleh para orang tua, karena masalah gigi dan mulut bisa sangat mengganggu. Pasalnya, jika anak terkena masalah gigi, nafsu makannya bisa berkurang hingga sulit berkonsentrasi.

Selain itu, perawatan di rumah juga tak kalah penting guna menjaga kesehatan gigi dan mulut anak. Biasakan anak untuk menggosok gigi dua kali sehari, yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Tak lupa, ganti sikat gigi anak setiap 3-4 bulan sekali. Karena sikat gigi bisa penuh dengan kuman, yang tentunya dapat merusak gigi anak.

Oleh karena itu, agar gigi si Kecil tetap sehat dan kuat sepanjang hidupnya, orang tua memiliki peranan penting dalam melakukan kunjungan sedini mungkin ke dokter gigi. Jadi, jangan lupa untuk lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar kesehatan gigi anak, bisa bertanya langsung melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Yuk, unduh aplikasinya sekarang juga!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar