Sukses

Ayo, Ajak Anak Periksa Gigi Sejak Dini!

Salah satu pertanyaan yang lazim diajukan para ibu muda dengan anak balita kepada dokter giginya adalah, ?Pada usia berapakah sebaiknya anak pertama kali diajak ke dokter gigi??

Oleh: drg. Martha Mozartha

KlikDokter.com - Salah satu pertanyaan yang lazim diajukan para ibu muda dengan anak balita kepada dokter giginya adalah, “Pada usia berapakah sebaiknya anak pertama kali diajak ke dokter gigi?”

Para ahli menyarankan para orang tua untuk mengajak anak mereka ke dokter gigi sedini mungkin, yaitu kira-kira saat anak berusia satu tahun. Pada usia tersebut, gigi susu anak sudah mulai tumbuh, ia juga sudah mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI dan susu formula. Dengan demikian gigi anak sudah terpapar ke lingkungan mulut yang beresiko untuk terjadinya karies gigi.

Tujuan utama dari kunjungan pertama ini sebetulnya bukan hanya untuk memeriksakan gigi anak, tapi untuk membiasakan dan memberanikan anak bertemu dengan dokter gigi di kursi gigi. Dengan begitu diharapkan anak tidak akan takut terhadap perawatan gigi seiring pertambahan usianya. Selain itu, kunjungan pertama ini juga dapat digunakan dokter gigi untuk mengedukasi orang tua tentang cara merawat gigi susu anak. Para orang tua perlu diberikan pemahaman bahwa merawat gigi susu anak adalah hal yang sangat penting, sepenting mereka merawat giginya sendiri.

Dengan memeriksakan gigi anak sejak dini, dokter gigi dapat mendeteksi adanya karies yang mungkin terjadi terutama jika anak memiliki kebiasaan minum susu formula menggunakan botol sebelum tidur. Maka dokter gigi dapat melakukan langkah-langkah pencegahan agar gigi susu anak tetap sehat hingga sampai waktunya gigi tersebut tanggal dan digantikan oleh gigi tetapnya.[](MM)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar