Kesehatan Anak

Anak Sulit Konsentrasi

dr. Nadia Octavia, 28 Mei 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anak dengan ADHD cenderung terlihat gelisah dan mudah sekali teralihkan perhatiannya. Hal ini membuat mereka sulit untuk fokus pada suatu tugas, baik itu dalam hal mendengarkan gurunya di kelas atau menyelesaikan pekerjaan sekolah...

Anak Sulit Konsentrasi

KlikDokter.com - Apakah ADHD itu?Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) merupakan suatu kondisi dimana seorang anak memiliki kesulitan dalam berfokus pada suatu hal dan sulit memperhatikan sesuatu. Anak dengan ADHD cenderung terlihat gelisah dan mudah sekali teralihkan perhatiannya. Hal ini membuat mereka sulit untuk fokus pada suatu tugas, baik itu dalam hal mendengarkan gurunya di kelas atau menyelesaikan pekerjaan sekolah.

Apa saja gejala ADHD?

  1. Sulit fokus dan perhatian mudah teralih Gejala utama ADHD antara lain adalah ketidakmampuan untuk fokus terhadap suatu hal dan mudah teralihkan perhatiannya. Anak-anak seringkali mengalami kesulitan dalam: fokus mendengarkan seseorang yang sedang berbicara, mengikuti petunjuk atau menyelesaikan.
  2. Hiperaktif Gejala lain dari ADHD adalah ketidakmampuan untuk dapat duduk diam dan tenang. Anak-anak biasanya berlarian ataupun memanjat benda-benda, tidak teratur, bahkan saat ada di dalam ruangan. Ketika mereka diminta untuk duduk, mereka cenderung terlihat gelisah dan bergerak terus. Anak-anak dengan ADHD juga seringkali berbicara terus menerus dan sulit untuk bermain dengan tenang
  3. Impulsif Gejala ketiga dari ADHD adalah impulsivitas - sering menginterupsi pembicaraan orang lain atau menjawab pertanyaan sebelum guru menyelesaikan pertanyaan (dengan menggumam ataupun dengan jawaban yang tidak beraturan).Aspek inilah yang membuat anak ADHD menjadi sulit menunggu untuk berpikir sebelum berbuat sesuatu.

Apakah penyebab ADHD? Anak ADHD memiliki aktivitas yang rendah pada area otak yang mengontrol pusat perhatian. Mereka juga memiliki gangguan keseimbangan pada kimia otak yang disebut dengan neurotransmiter. Belum jelas apakah yang menyebabkan ketidakteraturan ini, namun ADHD bersifat menurun, sehingga banyak ahli percaya faktor genetik memiliki suatu peranan penting.

Bagaimana mendiagnosis ADHD? Tidak ada tes laboratorium untuk mendeteksi ADHD. Dokter akan menilai bagaimanakah respon pasien terhadap pertanyaan yang diajukan, deskripsi keluarga tentang problem perilaku yang dialami, dan penilaian di sekolah. Untuk mendiagnosis suatu ADHD, setidaknya anak memiliki kombinasi gejala ketidakmampuan untuk fokus dan memusatkan perhatian, hiperaktif dan impulsif minimal dalam waktu 6 bulan. Awal mula gejala harus dimulai sebelum usia 7 tahun.

Bagaimana mencegah ADHD? Hingga saat ini belum ditemukan cara pasti untuk mencegah ADHD, namun ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko. Anda dapat mengurangi risiko anak Anda mengalami ADHD dengan menjaga kesehatan selama kehamilan. Mulailah dengan menghindari alkohol, obat-obatan (jika tidak benar-benar diperlukan) dan rokok selama kehamilan. Anak-anak dari ibu yang merokok memiliki risiko 2 kali lipat untuk mengalami ADHD.[](NO)

ADHD

Konsultasi Dokter Terkait