Sukses

Lapisi Gigi, Dapatkan Senyum Indah

Beberapa tahun belakangan ini, industri hiburan di Korea khususnya Korea Selatan melejit dan sepertinya sedang dalam masa keemasan. K-pop, serial atau drama Korea digemari tidak hanya oleh masyarakat Korea Selatan tapi terkenal ke seluruh dunia. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa...

Lapisi Gigi, Dapatkan Senyum Indah

Oleh: drg. Martha Mozartha

 

 

 

KlikDokter.com - Beberapa tahun belakangan ini, industri hiburan di Korea khususnya Korea Selatan melejit dan sepertinya sedang dalam masa keemasan. K-pop, serial atau drama Korea digemari tidak hanya oleh masyarakat Korea Selatan tapi terkenal ke seluruh dunia. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa seperti halnya artis Hollywood, artis Korea Selatan pun rata-rata telah menjalani operasi bedah plastik demi memiliki penampilan yang menawan. Dan berdasarkan data statistik dari Departemen Kesehatan Kor-Sel, kecenderungan untuk mengubah penampilan dengan bedah plastik rupanya tidak hanya berlaku pada artis namun juga pada masyarakat awam. Bagian yang paling diminati untuk diperbaiki di tangan seorang dokter adalah bagian mata, tulang rahang dan hidung. Selain itu, tuntutan untuk mendapatkan perawatan gigi juga tinggi, demi sebuah senyum yang indah.

Dengan semakin berkembangnya teknologi di bidang kedokteran gigi, para profesional di bidang ini sangat terbantu untuk dapat memperbaiki bentuk dan warna gigi pasien menjadi lebih memuaskan secara estetik. Salah satu caranya adalah dengan melapisi permukaan gigi dengan suatu material sewarna gigi seperti resin komposit atau pun dental porcelain. Tehnik yang disebut Laminate Veneers ini dianggap cukup praktis, konservatif dan efek samping yang dapat ditimbulkan relatif kecil. Beberapa kondisi yang dapat dikoreksi dengan cara ini adalah gigi yang berubah warna misalnya akibat pemakaian antibiotik tetrasiklin, gigi dengan pembentukan email yang tidak sempurna, atau gigi dengan defek morfologis akibat kelainan genetik atau trauma.

Prosedur Laminate Veneers dapat dikerjakan secara direct pada gigi pasien, ataupun secara indirect dimana gigi pasien dicetak lalu pembuatan lapisan dilakukan di laboratorium dental. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, dan keberhasilannya ditentukan banyak faktor terutama keahlian dan jam terbang dokter gigi. Permukaan gigi bagian depan yang akan dilapis harus diasah terlebih dulu sekitar 0.5 mm agar gigi tidak terlihat "tebal' setelah aplikasi material pelapis. Dengan menggunakan material yang tepat, berkas cahaya yang jatuh pada permukaan gigi yang telah dilapis akan dipantulkan/diserap dengan cara yang sama pada gigi asli sehingga memberi tampilan yang alami.

reference:
- http://www.dentalk.com.au/documents/November03Theanatomyofdirectlaminateveneers.pdf
- http://bit.ly/144XaNX
[](MM}

    0 Komentar

    Belum ada komentar