Sukses

Ultrasound Sebagai Pengobatan Tulang Retak

Alat medis yang dikenal erat dikalangan ibu hamil, ultrasound scan yang umumnya hanya sebagai alat bantu medis dalam memprojeksikan gambar...

Klikdokter.com - Alat medis yang dikenal erat dikalangan ibu hamil, ultrasound scan yang umumnya hanya sebagai alat bantu medis dalam memprojeksikan gambar melalui adaptasi sonar oleh Professor Ian Donald sejak 1950, kini dapat berguna sebagai alat penyembuh keretakan kompleks pada tulang.

Penambahan fungsi dan kegunaan ultrasound ini dikemukakan pertama kali oleh ahli bedah tulang (orthopaedic surgeon) Angus MacLean dari Royal Infirmary’s Fracture Clinic, Glasgow, Skotlandia. Ia menceritakan betapa menariknya perkembangan sains dan bukti nyata akan ultrasound yang mampu menggetarkan sel-sel secara halus, sehingga mampu merangsang penyembuhan dan regenerasi dalam tulang.

Kasus patah tulang kompleks yang biasanya dapat memakan waktu penyembuhan yang lama, yaitu sekitar 6-12 bulan atau bahkan dapat mengarah pada amputasi, kini dapat ditanggulangi dan diminimaliris sedemikian rupa hingga 40% hanya melalui treatment ultrasound selama 20 menit. Bahkan mampu memastikan penyembuhan pada tulang itu sendiri, tidak hanya pada penyambungan keretakan tulang, sehingga kemungkinan buruk yang kerap terjadi selanjutnya pada kasus patah tulang kompleks dapat dicegah.

Cara kerja ultrasound yang terbilang mudah dan tidak menyakitkan bahkan tidak terasa getarannya sama sekali oleh pasien ini, menjadikan ultrasound sebagai pengobatan paling sesuai dibandingkan physical treatment yang memakan waktu lama dan menyakitkan selama proses, sehingga kerap berlanjut pada masalah baru. Untuk itu diharapkan kegunaan ultrasound ini akan semakin berkembang menjadi upaya awal dalam pengobatan kerusakan berat pada tulang tanpa perlu dilakukannya tindakan amputasi dan dalam pengobatan - pengobatan lainnya.

Bahkan kini ultrasound juga telah digunakan sebagai alat dalam menghancurkan jaringan lemak dibawah kulit. Melalui riset panjang dan menyeluruh dari seekor Lumba-lumba yang menggunakan radar sonar dalam menyelami lautan gelap kemudian diadaptasi menjadi radar pada kapal selam, kini ultrasound berkembang pesat dalam pengobatan manusia.[](E)

    0 Komentar

    Belum ada komentar