Sukses

Lakukan Cara Ini untuk Mencegah Tukak Lambung

Penerapan pola hidup sehat dapat membantu Anda terhindar dari tukak lambung. Apa saja cara yang bisa dilakukan?

Ketika terdapat suatu luka pada lapisan lambung atau di bagian atas usus halus Anda, itulah yang disebut dengan tukak lambung. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri seperti terbakar.

Tak hanya itu, gejala yang dapat dialami bervariasi, mulai dari rasa begah, mual, muntah, hingga gejala lainnya yang membuat Anda kurang nafsu makan hingga mengganggu tidur.

Terlalu banyak asam lambung yang diproduksi, atau masalah dengan lapisan yang melindungi lambung Anda, dapat memicu terbentuknya tukak lambung. Sering kali, hal ini disebabkan oleh penggunaan obat antinyeri secara berlebihan maupun terlalu sering, atau karena bakteri yang bernama Helicobacter pylori.

Meski stres dan makanan yang bersifat pedas dapat memperparah gejala tukak lambung, keduanya saja tidak akan menyebabkan Anda mengalaminya. Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena tukak lambung. Lalu, bagaimana cara mencegah tukak lambung? Berikut 5 tips untuk Anda:

1 dari 4 halaman

1. Hindari Makanan yang Dapat Mengiritasi Lambung

Cobalah untuk lebih memperhatikan sinyal dari tubuh Anda. Ketahui saat tubuh Anda “menolak” apa yang Anda makan. Apabila rasanya membuat tidak nyaman pada lambung, hindarilah mengonsumsinya lebih lanjut.

Meski setiap orang berbeda-beda, ada beberapa makanan yang kerap memicu nyeri lambung seperti makanan yang bersifat pedas, buah yang asam, serta makanan berlemak. Jadi, Anda perlu lebih waspada terhadap makanan tersebut.

Artikel Lainnya: Bolehkah Penderita Tukak Lambung Minum Susu?

2. Berhenti Merokok

Salah satu cara mencegah tukak lambung adalah dengan berhenti merokok. Perlu diketahui bahwa merokok dapat memungkinkan terbentuknya luka lebih mudah dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Oleh sebab itu, jika ingin terhindar dari penyakit tukak lambung, segeralah cari cara untuk berhenti dari kebiasaan buruk ini.

2 dari 4 halaman

3. Berlatih untuk Minum Alkohol Sewajarnya

Apakah Anda sering minum-minuman beralkohol? Mengonsumsi alkohol secara berlebihan telah terbukti berkontribusi terhadap perkembangan terbentuknya tukak lambung. Bahkan bisa memperparah gejala tukak lambung Anda.

Maka dari itu, batasi konsumsi alkohol Anda. Kalau bisa, berhentilah untuk mengonsumsi minuman beralkohol.

4. Hindari Mengonsumsi Obat Antinyeri Secara Sembarangan

Apabila Anda membutuhkan obat antinyeri, perhatikan untuk tidak mengonsumsinya secara rutin. Terutama golongan antiinflamasi nonsteroid (OAINS), seperti aspirin dan ibuprofen.

Jika Anda memang perlu mengonsumsinya, minumlah obatnya dengan mengonsumsi makanan, sehingga menurunkan risiko untuk memicu iritasi pada lapisan lambung.

Artikel Lainnya: Sakit Mag dan Tukak Lambung, Apa Bedanya?

3 dari 4 halaman

5. Kontrol Kadar Stres Anda

Mengendalikan stres penting sebagai cara mencegah tukak lambung. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan olahraga rutin dan teknik relaksasi (misalnya, latihan pernapasan dalam, meditasi, dll).

Selain itu, Anda dapat mencoba yoga atau tai chi untuk membantu menenangkan pikiran sekaligus menyehatkan tubuh.

Meski 2/3 orang di dunia akan mengalami infeksi H. pylori, tidak semuanya akan terkena tukak lambung. Anda dapat mencegah penyebarannya dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, terutama saat sebelum makan dan setelah ke kamar mandi.

Jika Anda berada dalam kondisi di mana cuci tangan dengan air tidak memungkinkan, gunakan handrub berbahan dasar alkohol. Selain itu, masaklah makanan, terutama daging secara matang, dan hanya minum air yang Anda tahu memang bersih dan layak kualitasnya.

Demikian cara-cara menghindari tukak lambung yang dapat Anda ikuti di rumah. Selain menghindari makanan yang dapat mengiritasi lambung, Anda juga harus melakukan gaya hidup sehat seperti berhenti merokok, mengelola stres, dan lainnya. Dengan begitu, tukak lambung tidak akan menghampiri Anda.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan mengenai cara mencegah tukak lambung, silakan berkonsultasi dengan dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY]

1 Komentar

  • Dadan N

    dok gara gara saya makan pedas akhirnya perut saya sakit , kemudian disertain badan pegel pegel dan sakit kepala ..