Sukses

Tips Sederhana Memilih Tempat Playdate untuk Anak

Agar playdate anak berjalan lancar, salah satu yang harus diperhatikan adalah pemilihan tempatnya. Simak cara memilih tempat playdate untuk anak di sini.

Ada tren baru di kalangan orang tua muda belakangan ini: playdate! Mereka akan janjian untuk bertemu sambil membawa buah hati untuk bermain bersama.

Tren playdate ini umumnya dilakukan balita, meski anak yang lebih besar bisa juga melakukannya. Tidak hanya anak yang bermain, biasanya playdate juga merupakan ajang bagi para orang tua untuk bersilaturahmi. 

Ajang temu dan main bersama ini sebenarnya baik untuk melatih anak dalam berinteraksi dan bersosialisasi. Aktivitas ini juga baik dalam mengajarkan anak berbagi dan berempati terhadap orang lain.

Namun demikian, agar aman dan mendapat manfaat yang optimal, pemilihan tempat playdate juga penting diperhatikan. Nah, berikut akan dibahas tips memilih lokasinya yang seru untuk anak.

1 dari 4 halaman

1. Di Rumah Lebih Baik

Sebenarnya, tempat terbaik untuk playdate adalah rumah. Selain aman, playdate di rumah juga memberikan kekuasaan bagi anak dan orang tua. 

Akses ke toilet yang mudah, ada juga ketersediaan berbagai barang yang diperlukan untuk bermain, istirahat, dan makan.

Lingkungan rumah juga lebih familiar bagi anak. Namun, bermain di rumah bisa membuat anak bosan sehingga menginginkan suasana baru.

2. Restoran dengan Area Bermain

Selain di rumah, tempat playdate yang bisa dipilih ada restoran dengan fasilitas khusus bermain anak. 

Di kota-kota besar, cukup banyak pilihan restoran atau kafe yang memiliki fasilitas semacam ini.

Akan tetapi, dalam kondisi pandemi COVID-19 saat ini, pastikan protokol kesehatan tetap Anda jalankan di restoran tersebut. Tujuannya tentu saja agar anak dan Anda tidak tertular virus virus corona.

Artikel Lainnya: Pentingnya Mengajak Anak Bermain di Luar Rumah

2 dari 4 halaman

3. Hindari lokasi yang terlalu ramai

Lokasi yang terlalu ramai tidak baik dipilih sebagai tempat playdate. Selain anak mudah terdistraksi, lingkungan yang terlalu ramai juga menyulitkan orang tua dalam memantau anak. 

Apalagi dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti ini, lingkungan ramai sebaiknya dihindari karena berpotensi menyebabkan penularan. Jadi, lebih baik pilih lokasi yang sepi dan aman.

4. Hindari Tempat dengan Sedikit Mainan

Lokasi bermain yang minim mainan juga perlu dihindari. Kondisi mainan yang terbatas dapat memicu anak saling berebut mainan. 

Namun demikian, kondisi ini bisa Anda siasati dengan mengajarkan kepada anak untuk bermain mainan secara bergantian.

Dengan cara ini, si kecil bisa mengerti rasa empati dan berbagi. Alasan lain untuk menghindari tempat dengan mainan yang sedikit adalah karena dapat membuat anak mudah bosan.

3 dari 4 halaman

5. Alam Terbuka Pilihan Baik untuk Bermain

Jika memungkinkan, bawalah anak ke tempat playdate alam terbuka, seperti taman, lapangan, tempat outbond, ataupun pantai.

Selain menambah kecintaan terhadap alam, anak juga bisa mengeksplorasi banyak hal di alam terbuka.

Alam terbuka juga dapat membuat anak mendapatkan paparan matahari yang cukup dan udara segar. Gerak si kecil juga leluasa beraktivitas fisik, seperti berlari, mendaki, dan lain lain. 

Artikel Lainnya: Berapa Lama Idealnya, Waktu Bermain untuk Anak dalam Sehari?

6. Hindari Tempat-tempat yang Berpotensi Menimbulkan Cedera

Sebaiknya Anda menghindari membawa anak bermain di tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan cedera. 

Misalnya saja, dekat kolam renang, dekat perapian, dan dekat colokan listrik. Sedikit saja anak luput dari pengawasan, kondisi fatal dapat terjadi. 

Selain masalah tempat, Anda juga harus memperhatikan kondisi kesehatan anak. Jika si kecil sedang kurang enak badan, seperti pilek atau batuk, tunda bertemu dengan anak-anak lain.

Itulah enam tempat seru dan nyaman untuk playdate bersama buah hati. Sembari bermain, jangan lupa terapkan protokol kesehatan ya. 

Kenakan masker, ingatkan anak untuk tidak menyentuh wajah, dan rajin mencuci tangan. Manfaatkan layanan tumbuh kembang anak untuk memantau kesehatan si kecil.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar