Sukses

Dry Socket, Nyeri Hebat Setelah Cabut Gigi

Merasakan nyeri hebat setelah cabut gigi? Mungkin Anda mengalami dry socket. Cari tahu selengkapnya di sini.

Anda baru saja menjalani prosedur pencabutan gigi? Apakah sekarang Anda mengalami nyeri hebat di lubang bekas cabut gigi? Bila ya, bisa jadi Anda mengalami dry socket.

Dry socket atau alevolar osteitis adalah peradangan akut pada tulang alveolar di sekitar gigi yang telah dicabut. Ini disebabkan karena rusaknya proses pembekuan darah (blood clot). Akibatnya lubang pada tulang bekas gigi yang dicabut (socket) kosong.

Dry socket umumnya menyebabkan terjadinya rasa nyeri hebat (severe pain), yang bisa menjalar hingga ke leher, telinga ataupun kepala. Nyeri ini timbul pada hari 2-5 setelah cabut gigi. Penderita dry socket juga umumnya mengalami bau mulut (halitosis).

Beberapa kondisi yang menjadi faktor risiko dry socket adalah:

  1. Merokok

Penyebab dry socket yang paling utama adalah langsung merokok setelah gigi dicabut. Ini karena nikotin pada rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke lubang bekas cabutan gigi berkurang.

  1. Kebersihan rongga mulut yang buruk

Kebersihan rongga mulut yang buruk bisa menyebabkan bakteri, kuman maupun sisa makanan masuk ke dalam lubang socket dan menyebabkan infeksi.

  1. Cabut gigi geraham

Pencabutan gigi geraham bungsu dengan operasi (odontektomi) berisiko menyebabkan dry socket. Terutama jika gigi geraham bungsu berposisi miring atau horizontal. Ini karena psosisi gigi yang demikian perlu banyak pembuangan jaringan tulang saat dicabut.

  1. Terlalu sering berkumur

Terlalu sering berkumur setelah cabut gigi dapat meningkatkan risiko terjadinya dry socket. Sering meludah atau minum melalui sedotan setelah cabut gigi juga berpotensi demikian.

  1. Konsumsi pil KB

Menurut International Journal of Dentistry, salah satu faktor yang sangat berperan dalam terjadinya dry socket pada wanita adalah konsumsi pil KB atau pil kontrasepsi jenis lainnya.

Untuk mencegahnya, Anda perlu menghentikan pemakaian pil KB selama 23-28 hari. Kemudian melanjutkannya kembali 3 hari setelah cabut gigi dilakukan.

Jika Anda mengalami dry socket, jangan tunda lagi, segera periksakan diri ke dokter gigi terdekat.

(NB/ RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar