Sukses

Cara Cerdas Menyimpan Makanan Sisa

Anda memiliki makanan sisa? Jangan dulu dibuang. Agar makanan sisa dapat dikonsumsi kembali, ikuti tips berikut.

Terkadang Anda dihadapkan dengan situasi harus masak banyak. Tak jarang pula ketika berbelanja Anda lapar mata sehingga membeli banyak makanan yang belum tentu dihabiskan dalam satu kali makan.

Namun, jangan buru-buru membuang sisa makanan. Dengan cara yang baik dan benar, makanan sisa dapat kembali dikonsumsi di lain waktu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menyimpan sisa makanan berikut.

1 dari 2 halaman

Cara Sehat Menyimpan Makanan Sisa

Punya sisa makanan? Anda tetap bisa menyimpan sisa makanan tersebut dan mengonsumsinya di lain waktu. Namun, agar terhindar dari kuman dan tetap aman, ada aturan yang harus diperhatikan. Berikut cara menyimpan makanan sisa yang tepat:

  1. Simpan Makanan Dua Jam Setelah Dimasak

Makanan yang tersisa sebaiknya disimpan paling lambat dua jam setelah dimasak. Bakteri dan virus berpotensi mengontaminasi makanan yang sudah lebih dari dua jam berada dalam suhu ruang.

Apabila makanan sisa yang hendak Anda simpan sudah melewati waktu tersebut, sebaiknya panaskan terlebih dahulu hingga suhu 70 oC, barulah disimpan.

Artikel Lainnya: Berapa Lama Sebaiknya Menyimpan Makanan dalam Kulkas

  1. Pilih Wadah Penyimpanan yang Tepat

Makanan sisa sebaiknya disimpan di wadah yang kedap udara. Hal ini dilakukan agar tidak ada kuman yang mengontaminasi makanan selama penyimpanan. Bila tidak ada wadah kedap udara, letakkan di piring atau mangkuk, lalu tutup dengan plastic wrap.

  1. Perhatikan Porsi yang Pas

Makanan sisa akan lebih tahan lama dan higienis bila didinginkan secepatnya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menyimpan sejumlah besar makanan dalam satu wadah sebab diperlukan waktu yang lama untuk mendinginkannya.

Misalnya, ketika Anda ingin menyimpan dua puluh potong ayam goreng, lebih baik bagi dalam 2-3 wadah berbeda, daripada menyimpan seluruh makanan sisa tersebut dalam satu wadah besar. Hal ini dilakukan agar makanan dapat lebih cepat dingin.

  1. Kulkas atau Freezer?

Penyimpanan makanan sisa ditentukan berdasarkan kapan Anda akan mengonsumsi makanan tersebut. Bila Anda berencana mengonsumsinya dalam beberapa hari ke depan, maka cukup simpan di kulkas. Namun, bila Anda akan mengonsumsinya dalam jangka waktu lebih lama, maka sebaiknya disimpan di freezer.

Artikel Lainnya: 8 Makanan Ini Tak Perlu Anda Simpan di Kulkas

  1. Panaskan Makanan Terlebih Dahulu

Bila makanan sisa sebelumnya disimpan di kulkas, panaskan makanan dalam suhu 70 oC selama dua menit sebelum dikonsumsi. Hal ini penting untuk mematikan kuman yang mungkin mengontaminasi makanan. Anda dapat menggunakan microwave atau memasaknya di atas kompor.

Apabila makanan dibekukan di freezer, cairkan terlebih dahulu menggunakan microwave sebelum memanaskannya atau dengan merendam wadah penyimpan menggunakan air hangat.

  1. Pisahkan dengan Bahan Makanan Lain

Selain untuk menyimpan sisa makanan, tentunya kulkas juga Anda gunakan untuk menyimpan berbagai bahan mentah untuk masakan. Pisahkan antara bahan mentah, masakan matang, dan makanan sisa. Sebaiknya, masing-masing menggunakan rak penyimpanan yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kontaminasi.

  1. Beri Label

Setelah menyimpan makanan sisa dalam wadah, jangan lupa untuk memberi label. Anda dapat menempelkan label berisi jenis masakan dan kapan tanggal penyimpanannya. Apalagi bagi Anda yang sering menyimpan sisa makanan dalam kulkas, hal ini sangat dianjurkan.

Pemberian label dapat memudahkan Anda untuk menemukan masakan yang dicari dan mengonsumsinya dalam jangka waktu optimal.

Artikel Lainnya: Makanan Sisa Minggu Lalu, Masih Amankah untuk Dimakan?

  1. Susun dengan Cerdik

Saat menyimpan makanan sisa dalam kulkas, selalu letakkan di belakang makanan sisa yang sudah Anda simpan sebelumnya. Jika Anda menumpuk wadahnya, letakkan sisa makanan baru di bawah wadah masakan yang lebih lama disimpan.

Dengan demikian, Anda akan mudah menemukan masakan mana yang perlu dihabiskan terlebih dahulu.

  1. Konsumsi Saat Masih Optimal

Walaupun kulkas berguna untuk menyimpan makanan sisa lebih lama, tetap ada waktu optimal untuk mengonsumsinya.

Makanan yang disimpan dalam kulkas sebaiknya dikonsumsi dalam jangka waktu dua sampai lima hari. Namun, makanan yang disimpan dalam freezer dapat bertahan hingga kurang lebih enam bulan.

  1.  Segera Konsumsi Setelah Makanan Dicairkan

Apabila Anda membekukan makanan sisa, maka sebaiknya segera konsumsi setelah mencairkan makanan tersebut, tepatnya dalam 24 jam setelah mencair. Perlu diingat bahwa makanan sisa yang sudah pernah dicairkan tidak boleh dibekukan kembali.

Kini Anda telah mengetahui langkah-langkah menyimpan makanan sisa yang baik dan benar. Apabila Anda memiliki makanan sisa yang sayang untuk dibuang, lakukan cara-cara di atas agar  Anda tetap dapat mengonsumsinya dengan aman di lain waktu. Semoga bermanfaat!

[WA/ RS] 

0 Komentar

Belum ada komentar