Sukses

Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bibir kering dan pecah-pecah memang bisa bikin tak nyaman. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Bibir adalah bagian tubuh yang kerap kurang diperhatikan. Padahal, bagian kulit di bibir lebih tipis dan rentan mengalami gangguan. 

Bibir juga memiliki kelenjar minyak yang lebih sedikit sehingga tidak dapat menjaga kelembapan sendiri. Hal inilah yang menyebabkan bibir mudah kering. Selain itu, bibir kering dapat mencetuskan masalah lain, yaitu bibir pecah-pecah bahkan hingga berdarah dan timbul nyeri. 

1 dari 3 halaman

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah, di antaranya:

  1. Struktur Kulit Bibir yang Berbeda 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kulit bibir hanya memiliki 3-5 lapisan dan lebih tipis dibandingkan bagian kulit lainnya. Hal ini menyebabkan kulit bibir rentan mengalami kering. 

  1. Kurang Cairan

Kecukupan cairan tubuh amat berpengaruh pada kondisi kulit termasuk kulit bibir. Bila Anda mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, kulit bibir juga akan menjadi kering dan pecah-pecah. 

Artikel lainnya: 5 Kebiasaan yang Bikin Bibir Pecah-pecah Makin Memburuk

  1. Kebiasaan Menjilat Bibir

Hal lain yang menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah adalah kebiasaan menjilat bibir. Banyak yang mengira menjilat bibir akan membuat kulit bibir menjadi lembap. Padahal sebaliknya, kulit justru akan semakin kering. Hal ini terjadi karena air liur mengering dan turut menarik cairan alami dari kulit. 

  1. Kebiasaan Menggigit atau Mengelupas Kulit Bibir 

Kebiasaan menggigit atau mengelupas kulit bibir dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah. Kulit bibir yang tipis akan semakin tipis dan semakin mudah rusak bila kebiasaan ini diteruskan. Lebih jauh lagi, proses penyembuhannya pun akan semakin lama. 

  1. Tidak Merawat Kulit Bibir 

Kulit bibir juga termasuk bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari, angin, dan polusi. Karenanya, bibir pun perlu dirawat sebagaimana bagian tubuh yang lain agar tidak terjadi bibir kering dan pecah-pecah. 

Artikel lainnya: Hati-hati, Bibir Kering Memicu Sariawan

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Lalu, bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah? Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan bibir lembap dan sehat:

  1. Gunakan Pelembap Bibir yang Tepat 

Saat ini sudah tersedia berbagai pilihan pelembap bibir. Akan tetapi, Anda harus memilih produk dengan kandungan yang tepat, misalnya ceramide, petrolatum, shea butter, petroleum jelly

Hindari lip balm dengan kandungan kampor, eukaliptus, menthol, dan asam salisilat karena kandungan tersebut dapat mengiritasi kulit bibir. Selain itu, pilih juga lip balm yang tidak mengandung pewangi atau rasa tertentu untuk menghindari iritasi. 

  1. Rutin Aplikasikan Pelembap Bibir 

Aplikasikan pelembap bibir saat sebelum tidur dan beberapa kali di siang hari. Oleskan lip balm terutama di bagian yang kering dan pecah. 

  1. Pilih Pelembap Bibir yang Mengandung Tabir Surya

Karena bibir pun terpapar sinar matahari, jadi penting untuk memilih pelembap bibir dengan kandungan SPF minimal 30. Hal ini dapat mencegah iritasi bibir akibat sinar matahari.  

Artikel lainnya: Bibir Sering Kering Hingga Berdarah, Ini Penyebabnya

  1. Minum Air Cukup 

Jangan lupa untuk selalu memastikan kecukupan asupan cairan setiap harinya. Minumlah air putih minimal 2 liter per hari. 

  1. Hentikan Kebiasaan Menggigit, Menjilat, atau Mengelupas Bibir 

Kebiasaan menggigit, menjilat dan mengelupas bibir hanya akan membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah. Jadi, bila ingin bibir sehat, hentikan kebiasaan tersebut. Alihkan dengan mengoleskan lip balm

  1. Hentikan Kebiasaan Menahan Benda Berbahan Metal dengan Bibir

Klip kertas atau jepit dapat mengiritasi bibir yang sensitif. Karena itu, hindari menahan atau menggigit benda tersebut dengan bibir. 

  1. Berhenti Merokok 

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan bibir iritasi, kering, dan pecah-pecah. Karena itu, segera hentikan kebiasaan merokok Anda.  

  1. Konsumsi Vitamin C 

Salah satu vitamin yang dapat membantu regenerasi kulit dan menyembuhkan luka adalah vitamin C. Karena itu, rutin konsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin C bisa membuat bibir lebih sehat.  

Bibir kering dan pecah-pecah dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan juga mengganggu penampilan. Karena itu, rawatlah bibir Anda dengan lebih baik. Bila bibir mulai terasa kering dan terlihat pecah, Anda bisa melakukan cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang telah dijelaskan. 

Jika bibir masih tetap kering setelah 2-3 minggu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Anda bisa mengonsultasikan masalah bibir kering Anda dengan menggunakan layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter.

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar