Kesehatan Umum

Bibir Kering dan Pecah-pecah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

dr. Nadia Octavia, 23 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bibir kering dan pecah-pecah bisa jadi tanda masalah kesehatan. Apa penyebab bibir kering dan pecah-pecah? Bagaimana mengatasinya? Cek di sini.

Bibir Kering dan Pecah-pecah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bibir kering pecah-pecah cukup mengganggu aktivitas. Terlebih bagi wanita, warna lipstik pun menjadi kurang maksimal. 

Bibir kering juga bisa membuat bibir berdarah, apalagi jika kulit bibir yang pecah-pecah sering digigiti. Tanpa disadari, kebiasaan yang sering Anda lakukan bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah, lho.

Penyebab Bibir Kering yang Perlu Diketahui

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah, di antaranya:

1. Struktur Kulit Bibir Berbeda 

Kulit bibir hanya memiliki 3-5 lapisan dan lebih tipis dibandingkan bagian kulit lainnya. Hal ini menyebabkan kulit bibir rentan mengalami kekeringan. 

2. Kurang Cairan

Kecukupan cairan tubuh amat berpengaruh pada kondisi kulit, termasuk kulit bibir. Bila Anda mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, kulit bibir juga akan menjadi kering dan pecah-pecah. 

Artikel Lainnya: Manfaat Menggunakan Lip Serum untuk Bibir 

3. Bibir Sering Dijilat

Hal lain yang menjadi penyebab bibir pecah-pecah dan kering adalah kebiasaan menjilat bibir. 

Banyak yang mengira, menjilat bibir akan membuat kulit bibir menjadi lembap. Padahal sebaliknya, kulit justru akan semakin kering. Ini karena air liur mengering dan turut menarik cairan alami dari kulit bibir. 

4. Kebiasaan Menggigit atau Mengelupas Kulit Bibir 

Kebiasaan menggigit atau mengelupas kulit bibir dapat menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. 

Kulit bibir yang tipis akan semakin tipis dan mudah rusak bila kebiasaan ini diteruskan. Lebih jauh lagi, proses penyembuhannya pun akan semakin lama. 

5. Tidak Merawat Kulit Bibir 

Kulit bibir juga termasuk bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari, angin, dan polusi. Karenanya, bibir perlu dirawat sebagaimana bagian tubuh yang lain agar tidak kering. 

6. Cheilitis Angular

Cheilitis angular merupakan salah satu penyebab bibir kurang lembap. Dalam kondisi ini, terjadi peradangan di ujung bibir sehingga menyebabkan kering dan pecah-pecah. 

Biasanya cheilitis angular disebabkan oleh infeksi jamur, cuaca dingin, dan iritasi dari air liur. Cara mengatasinya bergantung pada penyebabnya. 

Contohnya, Anda dapat menggunakan pelembap bibir, serta obat antijamur atau anti-peradangan. 

Artikel Lainnya: Cara Menebalkan Bibir dengan Sedot Botol, Amankah?

7. Sering Makan Makanan Asin

Anda penggemar berat keripik atau makanan asin lainnya? Hati-hati, makanan asin bisa menjadi penyebab bibir pecah-pecah. 

Makanan asin sering mengandung lapisan garam di bagian luar. Garam ini dapat tersisa di bibir, sehingga bisa memengaruhi kondisi kulit bibir. 

Garam bersifat menahan air, menyerap air dari bibir, dan membuatnya menjadi kering. Ditambah lagi bila sesudah makan makanan asin tanpa disadari Anda sering menjilat bibir, kulit area tersebut bisa makin kering.

8. Sering Berjemur di Bawah Matahari 

Kebiasaan berjemur di bawah matahari atau sering panas-panasan di luar bisa berdampak buruk pada kulit bibir. 

Sinar UV dapat membuat kulit bibir mengalami peradangan sehingga rentan pecah-pecah. 

9. Konsumsi Obat Tertentu 

Obat-obat yang Anda konsumsi bisa berpengaruh pada kulit bibir. Beberapa obat seperti isotretinoin, asitretin, atau derivat vitamin A lainnya dapat menimbulkan efek samping kulit kering dan bibir pecah-pecah. 

Obat tersebut sering diberikan untuk penanganan penyakit kulit seperti jerawat, psoriasis, ataupun kelainan kulit lainnya.  

Artikel Lainnya: Efektivitas Lip Balm untuk Melembapkan Bibir

Cara Mengatasi Bibir Pecah- Pecah

Lalu, bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah? Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan bibir lembap dan sehat:

1. Gunakan Pelembap Bibir yang Tepat 

Saat ini sudah tersedia berbagai pilihan pelembap bibir. Akan tetapi, Anda harus memilih produk dengan kandungan yang tepat, misalnya ceramide, petrolatum, shea butter, petroleum jelly

Hindari lip balm dengan kandungan kampor, eukaliptus, menthol, dan asam salisilat karena kandungan tersebut dapat mengiritasi kulit bibir. 

Selain itu, pilih juga lip balm yang tidak mengandung pewangi atau rasa tertentu untuk menghindari iritasi. 

2. Rutin Aplikasikan Pelembap Bibir 

Aplikasikan pelembap bibir saat sebelum tidur dan beberapa kali di siang hari. Oleskan lip balm terutama di bagian yang kering dan pecah. 

3. Pilih Pelembap Bibir yang Mengandung Tabir Surya

Karena bibir pun terpapar sinar matahari, jadi penting untuk memilih pelembap bibir dengan kandungan SPF minimal 30. Hal ini dapat mencegah iritasi bibir akibat sinar matahari.  

Artikel Lainnya: Bibir Tiba-Tiba Bengkak, Apa Penyebabnya? 

4. Minum Air Cukup 

Jangan lupa untuk selalu memastikan kecukupan asupan cairan setiap harinya. Minumlah air putih minimal 2 liter per hari. 

5. Hentikan Kebiasaan Menggigit, Menjilat, atau Mengelupas Bibir 

Kebiasaan menggigit, menjilat dan mengelupas bibir hanya akan membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah. 

Jadi, bila ingin bibir sehat, hentikan kebiasaan tersebut. Alihkan dengan mengoleskan lip balm

6. Hentikan Kebiasaan Menahan Benda Berbahan Metal dengan Bibir

Klip kertas atau jepit dapat mengiritasi bibir yang sensitif. Karena itu, hindari menahan atau menggigit benda tersebut dengan bibir. 

7. Berhenti Merokok 

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan bibir iritasi, kering, dan pecah-pecah. Karena itu, segera hentikan kebiasaan merokok Anda.  

8. Konsumsi Vitamin C 

Salah satu vitamin yang dapat membantu regenerasi kulit dan menyembuhkan luka adalah vitamin C. Karena itu, rutin konsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin C bisa membuat bibir lebih sehat.  

Upaya-upaya yang disebutkan di atas, dapat menunjang kesehatan kulit bibir. Anda dapat mencobanya agar bibir tidak pecah-pecah lagi.

Bila ingin konsultasi seputar kulit dan kecantikan, gunakan LiveChat dokter kulit di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

bibirkulitKecantikanSkincare

Konsultasi Dokter Terkait