Sukses

Isyana Sarasvati Jalani Operasi

Penyanyi Isyana Sarasvati baru saja melakukan operasi mata ReLEx SMILE. Apa itu ReLEx SMILE dan bagaimana prosedurnya?

Isyana Sarasvati baru saja menjalani operasi mata untuk menghilangkan minus matanya. Pelantun lagu “Tetap dalam Jiwa” ini sehari-hari memang mengandalkan lensa kontak untuk penglihatannya.

Merasa lelah harus menggunakan lensa kontak setiap hari, membuat Isyana memutuskan untuk melakukan operasi. Ia pu memilih ReLEx SMILE sebagai prosedur untuk mengatasi gangguan penglihatan yang dimilikinya.

ReLEx SMILE (Refractive Lenticule Extraction, Small Incision Lenticule Extraction) merupakan teknik laser terkini untuk mengoreksi gangguan penglihatan. ReLEx SMILE dapat mengatasi kelainan mata minus (-1 D hingga -10 D) dan silinder (hingga -5 D).

Berbeda dengan pendahulunya, LASIK, pada prosedur ini tidak dilakukan pembuatan flap dan hanya menggunakan satu jenis laser. Jenis yang digunakan adalah laser femtosecond.

Pada teknik ini, bagian kecil dari jaringan kornea mata akan diambil melalui sayatan yang sangat kecil (2.5 hingga 4 mm). Prosedurnya pun hanya membutuhkan waktu yang sebentar, kurang lebih 25 menit untuk kedua mata dan proses pemulihannya juga relatif lebih cepat.

Rasa nyeri yang dialami pasien juga minimal. Setelah menjalani operasi, biasanya Anda akan merasa sedikit kurang nyaman pada area mata. Namun hal ini akan menghilang dalam kurun waktu 4-6 jam.

Jika Anda menggunakan lensa kontak, dianjurkan untuk tidak menggunakan lensa kontak 1-2 minggu sebelum pengerjaan. Setelah operasi, penglihatan Anda akan membaik dan semakin membaik seiring dengan waktu.

Meski terbilang relatif aman, sayangnya tidak semua orang direkomendasikan untuk melakukan prosedur ini. Beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain:

  • Anda harus memiliki mata yang sehat, tidak mengalami glaukoma, infeksi, katarak, mata kering yang parah, atau kondisi-kondisi lain yang dapat memengaruhi pemulihan setelah operasi.
  • Usia dewasa, lebih dari 18 tahun.
  • Penglihatan Anda harus stabil paling tidak 12 bulan sebelum operasi.
  • Tidak sedang hamil atau menyusui.

Sama seperti LASIK atau prosedur lainnya, ReLEx SMILE ditujukan untuk mengatasi ketergantungan terhadap lensa kontak atau kacamata. Jika Anda memiliki mata minus dan bosan menggunakan lensa kontak seperti Isyana, Anda bisa mempertimbangkan prosedur ini. Namun, sebaiknya berkonsultasilah dahulu ke dokter spesialis mata.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar